alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hampir Rp 5 Triliun Anggaran Pemprov Sulsel Mengendap di Kas Daerah

Muhammad Yunus Jum'at, 27 November 2020 | 15:03 WIB

Hampir Rp 5 Triliun Anggaran Pemprov Sulsel Mengendap di Kas Daerah
(Shutterstock)

serapan anggaran Pemprov Sulsel hingga akhir triwulan III tahun anggaran 2020 masih sangat rendah

SuaraSulsel.id - Serapan anggaran Pemprov Sulsel hingga akhir triwulan III tahun anggaran 2020 masih sangat rendah. Anggaran masih mengendap di kas daerah.

Dari Rp 11,19 triliun total APBD tahun 2020, yang baru terealisasi sekitar 55,45 persen atau Rp 6,2 triliun. Masih ada Rp 4,9 triliun yang tidak terbelanjakan.

Dari capaian belanja tersebut, belanja operasional yang paling besar. Yakni sebanyak Rp 4,9 triliun lebih.

Kemudian belanja modal Rp 470 miliar, transfer bagi hasil ke desa sebanyak Rp 1,2 triliun lebih, dan belanja tak terduga Rp 170 miliar lebih.

Baca Juga: Taufan Pawe Ungkap Penyebab Survei Elektabilitas IMUN Masih Rendah

Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Junaidi mengaku, serapan anggaran memang melambat. Pandemi Covid-19 jadi alasan.

"Karena memang tidak ada kegiatan sama sekali. Proyek fisik yang jalan juga baru 65 persen," kata Junaidi, Jumat (27/11/2020).

Realisasi serapan anggaran bisa dikejar hingga 80 persen hingga akhir tahun. Ia bilang sejumlah pengerjaan proyek belum tuntas sehingga anggaran belum keluar.

"Nanti kalau pengerjaannya rampung, proyek dibayar pasti realisasi meningkat. Kita masih berupaya kejar sampai 90 persen, walau berat," tambahnya.

Ia juga mengaku ada beberapa revisi kontrak tender program pemerintah. Utamanya untuk kegiatan yang bersumber dari pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan total Rp 1,3 triliun lebih.

Baca Juga: 7 Dokter di Sulawesi Selatan yang Meninggal Karena Covid-19

Serapan anggaran PEN diakuinya juga baru 25 persen. Akan tetapi dia meyakini bisa memanfaatkan anggaran tersebut. Apalagi sekitar Rp 800 miliar dari dana itu diperuntukan untuk infrastruktur.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait