alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Efek Samping Vaksin Covid-19 Bisa Dirasakan Setelah 30 Menit Disuntik

Muhammad Yunus Rabu, 13 Januari 2021 | 13:42 WIB

Efek Samping Vaksin Covid-19 Bisa Dirasakan Setelah 30 Menit Disuntik
Presiden Joko Widodo menerima suntikan dosis pertama vaksin COVID-19 (Foto: Humas/Jay)

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan 13 warga di Sulsel akan menjadi orang pertama disuntik besok

SuaraSulsel.id - Penyuntikan vaksin Covid-19 di Sulsel dimulai 14 Januari, besok. Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan 13 orang lainnya akan divaksin pertama kalinya.

Merreka akan divaksin di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi. Dinkes Sulsel meminta mereka hadir sejam sebelum vaksinasi dimulai.

"Kita di undangan pukul 09.00 pagi, tapi kita minta hadir jam 08.00 Wita. Karena perlu screening terlebih dahulu," kata Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan, Nurul AR, Rabu (13/1/2021).

Ia mengatakan ada dua vaksinator yang disiapkan untuk mengimunisasi para penerima vaksin pertama. Mereka sudah terlatih dan mengikuti simulasi langsung di Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Gubernur Sulsel, Pangdam, dan Kapolda Dilarang Begadang Sebelum Vaksinasi

"Sebenarnya hanya satu vaksinator, tapi kita siapkan satu cadangan. Itu untuk 14 orang penerima pertama," kata Nurul,

Satu orang, kata Nurul, bisa memakan waktu hingga 40 menit. Seusai disuntik, mereka diminta untuk istrahat 30 menit. Efek sampingnya bisa terasa dalam jeda waktu selama itu.

"Jadi kita kontrol dalam waktu 30 menit itu untuk efek sampingnya. Makanya satu orang bisa memakan waktu sampai 40 menit kalau divaksin," jelas Nurul.

Sama seperti Presiden RI, vaksinasi pertama di Sulsel juga akan disiarkan secara langsung. Dinkes sendiri baru akan memindahkan vaksin sejam sebelum penyuntikan dimulai.

Direktur RS Dadi Arman Bausat menambahkan pihaknya sudah sangat siap untuk memulai vaksinasi pertama. Saat ini sudah ada empat ruangan yang disiapkan untuk alur vaksinasi.

Baca Juga: Ini 14 Orang Pertama di Sulsel yang Beruntung Akan Disuntik Vaksin Sinovac

"Ada tempat registrasi, lalu tempat screening, tempat vaksin dan ruangan kontrol," kata Arman.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait