alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemerintah Ajak Santri Bantu Gencarkan Vaksinasi Covid-19

Muhammad Yunus Jum'at, 22 Oktober 2021 | 12:42 WIB

Pemerintah Ajak Santri Bantu Gencarkan Vaksinasi Covid-19
Upacara bendera memperingati Hari Santri Nasional di Pesantren Sultan Hasanuddin, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Jumat 22 Oktober 2021 [SuaraSulsel.id / Istimewa]

Momentum Hari Santri Nasional 2021

SuaraSulsel.id - Peringatan Hari Santri Nasional diharapkan mampu berkontribusi dalam membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. Terkhusus dalam menyukseskan program vaksinasi.

"Kita berharap seluruh santri ini makin siaga, khususnya di masa pandemi Covid-19. Dengan ikut berpartisipasi dan ikut andil dalam melakukan vaksinasi yang digalakkan pemerintah. Terlebih sebelum sekolah tatap muka akan dilakukan yang diharapkan seluruh santri telah melakukan vaksin nantinya," kata Penjabat Sekda Kabupaten Gowa, Kamsina, saat menghadiri upacara Hari Santri Nasional di Pesantren Sultan Hasanuddin, Kecamatan Bajeng, Jumat 22 Oktober 2021.

Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini mengangkat tema "Santri Siaga Jiwa Raga". Sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Kamsina berharap, momentum Hari Santri Nasional 2021 ini sesuai tema yang digalakkan yakni Siap Siaga Jiwa Raga. Para santri di Kabupaten Gowa mampu siap siaga. Khususnya di tengah pandemi Covid-19. Sudah dua tahun melanda Indonesia dan dunia.

Baca Juga: Potret Gibran Saat Upacara Hari Santri Jadi Sorotan: Sarung Batik, Baju Koko, Peci Hitam

"Siaga jiwa raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan akhlak dan ilmu. Tapi juga mensucikan jiwa yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa, Adliah, mengatakan peringatan Hari Santri Nasional 2021 ini dipusatkan di Pesantren Sultan Hasanuddin. Dengan menghadirkan seluruh pimpinan pondok pesantren di Gowa.

Ia mengaku setiap tahun pelaksanaan Hari Santri dilakukan di pesantren yang berbeda. Tahun sebelumnya dilaksanakan di Pesantren Darul Ulum, dan Pesantren Muslim Madani.

"Peringatan hari santri ini dilakukan secara bergilir di pesantren-pesantren yang ada di Gowa setiap tahunnya, sehingga tahun ini dilaksanakan di Pesantren Sultan Hasanuddin dengan melibatkan semua pimpinan pondok pesantren yang ada di Gowa," katanya.

Selain itu ia menyampaikan, pihaknya menggelar beberapa rangkaian kegiatan Hari Santri 2021 ini yakni perlombaan futsal yang difasilitasi oleh GP Ansor Gowa dan Zikir bersama serentak di pondok-pondok pesantren.

Baca Juga: Peringati Hari Santri, Ganjar Ngantor Sarungan

"Kami berharap dengan peringatan ini para santri lebih bersemangat dan meningkatkan akhlaqul karimah untuk bersantri dalam ponpes," harapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait