alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mahfud MD: KH Sanusi Baco Sangat Luas Ilmunya dan Lembut Penampilannya

Muhammad Yunus Sabtu, 15 Mei 2021 | 21:23 WIB

Mahfud MD: KH Sanusi Baco Sangat Luas Ilmunya dan Lembut Penampilannya
Menko Polhukam Mahfud MD. (Dok. Kemenko Polhukam)

Sanusi Baco meninggal dunia di Rumah Sakit Primaya Makassar

SuaraSulsel.id - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI Mahfud MD ikut berduka dengan meninggalnya AGH Sanusi Baco.

Ketua MUI Sulawesi Selatan Sanusi Baco meninggal dunia di Rumah Sakit Primaya Makassar, Pukul 20.00 Wita Sabtu 15 Mei 2021.

"Sangat berduka. Hari ini (15/5/21) Anre Gurutta (AG) KH Sanusi Baco, Ketua MUI Sulawesi Selatan wafat di Makassar. Inna lillah wa inna ilaihi raji’un," kata Mahfud MD lewat akun twitternya.

Menurut Mahfud, Almarhum Sanusi Baco adalah ulama yang sangat luas ilmunya dan lembut penampilannya. "Semoga Allah mengampuni dosanya dan memberikan surga-Nya,"

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel : Sanusi Baco Ajarkan Cara Jadi Pemimpin Jujur

Mahfud MD terkenang, kalau ke Makassar biasanya mampir ke kediaman AGH Sanusi Baco. Berdiskusi tentang masalah-masalah keummatan.

"Beliau selalu bersemangat dan banyak humor. Sedih juga, saat kunjungan ke Makassar pertengahan Ramadhan kemarin saya tidak mampir ke rumah beliau. Karena suasana pandemi Covid-19," kata Mahfud.

Tokoh agama Sulsel KH Sanusi Baco meninggal di usia 84 tahun. Ia meninggal karena sakit kolik Abdomen. Sekadar diketahui, penyakit ini adalah nyeri hebat pada perut yang sifatnya hilang timbul.

Mengutip dari hasil penelitian Dosen Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Abdul Kadir Ahmad, Sanusi Baco adalah salah seorang ulama Sulawesi Selatan yang memiliki kompetensi keulamaan yang memadai.

Selain tugas pokoknya sebagai pendidik la merupakan perekat dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat.

Baca Juga: Begini Penderitaan Hidup KH Sanusi Baco Sampai Menjadi Ulama

Ia tidak meledak-ledak dan selalu memilih kata-kata yang bijaksana dalam berucap, termasuk selalu prima dalam berpakaian termasuk dalam suasana duka sekalipun. Itulah sebabnya pandangan hidupnya terkait berbagai aspek kehidupan diangkat dalam penelitian.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait