alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Plt Gubernur Sulsel : Sanusi Baco Ajarkan Cara Jadi Pemimpin Jujur

Muhammad Yunus Sabtu, 15 Mei 2021 | 21:09 WIB

Plt Gubernur Sulsel : Sanusi Baco Ajarkan Cara Jadi Pemimpin Jujur
Andi Sudirman Sulaiman minta doa Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan KH Sanusi Baco, Senin 1 Maret 2021 / [SuaraSulsel.id / Istimewa]

Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Selatan, KH Sanusi Baco meninggal dunia

SuaraSulsel.id - Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan, KH Sanusi Baco meninggal dunia, Sabtu, 15 Mei 2021. Sanusi sebelumnya sempat dirawat di kediamannya sebelum dilarikan ke RS Primaya Makassar.

Tokoh agama Sulsel ini meninggal di usia 84 tahun. Ia meninggal karena sakit kolik Abdomen. Sekadar diketahui, penyakit ini adalah nyeri hebat pada perut yang sifatnya hilang timbul.

Semasa hidupnya, beliau merupakan sosok ulama yang kharismatik.

Bagaimana perjalanan hidupnya? Sanusi lahir di Maros pada 4 April 1937 silam. Ibunya meninggal dunia saat usianya masih belasan tahun.

Baca Juga: Begini Penderitaan Hidup KH Sanusi Baco Sampai Menjadi Ulama

Sepeninggal ibunya membuat Sanusi harus bekerja keras. Ia ingin sekolah setinggi mungkin untuk mengangkat derajat keluarga.

Sanusi kemudian berangkat ke Makassar. Ia sejak kecil ingin menjadi santri .

Sanusi kemudian mendaftar di Pesantren DDI Galesong Baru. Pesantren itu milik Anre Gurutta H Abdurrahman Matammeng, salah satu ulama Sulsel kala itu.

Aktivitas dipondokan membuatnya ditempa. Ia kerap kali disuruh memungut serbuk gergaji yang digunakan untuk memasak. Sanusi juga disuruh berjualan bambu.

Demi menambah pundi-pundi untuk bersekolah, Sanusi juga rajin membantu sang paman, seorang penjahit. Ia menyetrika puluhan pakaian setiap harinya menggunakan setrika arang.

Baca Juga: Sebelum Meninggal Dunia, KH Sanusi Baco Mengalami Sakit Ini

Lalu, kemudian pada tahun 1950, ia pindah ke pesantren DDI Mangkoso. Di sinilah gurutta AGH. Sanusi Baco belajar banyak hal.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait