Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

YASMIB Sulawesi Fasilitasi Musyawarah Desa Penyelesaian Aspirasi di Pangkep

Muhammad Yunus Sabtu, 17 Oktober 2020 | 15:56 WIB

YASMIB Sulawesi Fasilitasi Musyawarah Desa Penyelesaian Aspirasi di Pangkep
Musyawarah desa penyelesaian aspirasi serta umpan balik di Kabupaten Pangkep / Foto : YASMIB Sulawesi

Melakukan pemetaan hasil aduan atau aspirasi masyarakat desa yang akan didorong dapat terakomodasi dalam dokumen RKPDesa/APBDesa dan atau RKPD Kabupaten Pangkep

SuaraSulsel.id - YASMIB Sulawesi melalui Program Pelembagaan Akuntabiitas Sosial untuk Mewujudkan Pemerintah Desa yang Transparan dan Partisipatif bekerjasama Seknas FITRA dan KOMPAK atas dukungan DFAT Australia memfasilitasi pelaksanaan Musyawarah Desa (Musdes) Penyelesaian Aspirasi serta Umpan Balik.

Musyarawah Desa sebagai forum pembahasan atas usulan atau aspirasi warga desa pada Pekan Aspirasi yang dilaksanakan di Desa Kabba, Desa Padang Lampe, dan Desa Pitusunggu Kabupaten Pangkep pada tanggal 21 – 25 September 2020.

Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pemetaan hasil aduan atau aspirasi masyarakat desa yang akan didorong dapat terakomodasi dalam dokumen RKPDesa/APBDesa dan atau RKPD Kabupaten Pangkep.

Membahas strategi penyelesaian hasil aduan atau aspirasi masyarakat desa. Menetapkan hasil aduan dan aspirasi masyarakat desa yang telah disepakati dalam musyawarah desa.

Ketua BPD Padang Lampe Abd. Muhit mengatakan, dalam penggalian aspirasi yang dilakukan sebelumnya, merupakan pengalaman yang bermanfaat bagi tim.

Khususnya BPD karena dengan adanya kegiatan seperti itu, BPD bisa memahami kondisi masyarakat dan akan berupaya akan mendorong masuk dalam dokumen RKPDes/APBDes.

"Hari ini kita akan mencoba melihat aspirasi masyarakat apa saja yang bisa masuk dalam RKPDes/APBDes 2021," kata Muhit.

Kepala Desa Padang Lampe Haeruddin Rasyid, mengatakan terima kasih kepada YASMIB Sulawesi, Seknas FITRA dan KOMPAK yang telah melaksanakan kegiatan ini.

"Ini merupakan salah satu upaya menuju desa maju. Pemerintah Desa akan berupaya mengakomodir aspirasi masayarkat sesuai dengan kewenangan desa," kata Rasyid.

Kepala Desa Kabba M. Syukur mengatakan, kegiatan yang dilakukan untuk menjaring aspirasi masyarakat ini membantu proses penyusunan RKPDes.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait