Kisah Mantan Penjual Racun Tikus Jadi Gubernur Sulawesi Selatan

Andi Sudirman Sulaiman ternyata sempat bekerja menjadi marketing. Menjual racun tikus.

Muhammad Yunus
Selasa, 05 September 2023 | 15:43 WIB
Kisah Mantan Penjual Racun Tikus Jadi Gubernur Sulawesi Selatan
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman [SuaraSulsel.id/Istimewa]

SuaraSulsel.id - Andi Sudirman Sulaiman ternyata sempat bekerja menjadi marketing. Menjual racun tikus. Itu dilakukan karena ia tak punya uang saat kuliah.

Andi Sudirman memang dikenal berasal dari keluarga yang sederhana. Hidupnya tak bergelimang harta meski terlahir di keluarga veteran.

Ayahnya seorang tentara dan juga petani, sementara ibunya hanya mengurus rumah tangga (IRT).

Uang pensiunan ayahnya yang pas-pasan tak cukup menghidupi dan menyekolahkan 12 anaknya.

Baca Juga:Hari Terakhir Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman: Maaf dan Terima Kasih

"Bapak sebagai tentara, tapi juga aktif sebagai petani karena untuk membiayai hidup kita, 12 anak. Banyak yang sekolah, tentu tidak mudah jika membiayai semuanya. Sehingga di waktu luang, bapak bertani juga," ungkap Sudirman dalam buku berjudul "Pengabdian Andi Sudirman Sulaiman Membangun Sulawesi Selatan".

Disiplin dan Kerja Keras

Sejak kecil, Sudirman dididik oleh ayahnya dengan disiplin dan bekerja keras. Sementara sang ibu penuh welas asih dan pendidikan agama yang kuat.

Bekal dari kedua orang tuanya itu membuat Andi Sudirman Sulaiman tumbuh sebagai pribadi yang tangguh, mandiri dan tak pantang menyerah. Ia belajar lebih rendah hati dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama.

Sudirman pun menceritakan peliknya hidup ketika berkuliah di Universitas Hasanuddin Makassar. Ia terdaftar jadi mahasiswa Fakultas Teknik.

Baca Juga:Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Amin Syam Meninggal Dunia, Dimakamkan Secara Militer di Barru

Ia menumpang tinggal bersama saudaranya, Andi Amran Sulaiman (Menteri Pertanian periode 2014-2019).

"Saat itu kakak melaksanakan kuliah S2. Saya serumah bersama," ungkapnya.

Pernah suatu hari, kata Sudirman, mereka tak punya uang sepeser pun untuk beli bensin dan ongkos ke kampus. Ia pun bekerja memasarkan produk temuan saudaranya yaitu bisnis racun tikus.

"Kami tidak punya uang bensin untuk ke kampus, uang angkot juga tidak ada. Saya jadi marketing temuannya (racun tikus)," ujarnya.

Sosok Kakak

Kemudian, yang tak kalah berjasa dalam perjalanan karir Andi Sudirman Sulaiman adalah kakaknya pertamanya, almarhum Andi Sumardi Sulaiman. Yang diketahui lebih dulu bekerja sebagai aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Bone.

Diakui oleh Andi Sudirman Sulaiman, kakak yang membiayai pendidikannya. Bahkan adik-adiknya juga ikut tinggal bersama di rumah yang sederhana.

Karir moncer adik-adiknya termasuk Andi Sudirman Sulaiman juga tidak lepas dari peran almarhum. Baik itu yang berkarir di pemerintahan sebagai ASN, maupun di Kepolisian, TNI, atau berwirausaha.

Diketahui, Andi Sumardi Sulaiman meninggal dunia pada Rabu, 28 Juni 2023 karena sakit. Kepergian sang kakak menjadi duka mendalam bagi Sudirman.

Sudirman bahkan mengucapkan terima kasih secara khusus saat pidato terakhirnya menjadi Gubernur Sulsel, Senin, 4 September 2023.

Menurutnya, kenangan indah dan teladan dari sang kakak masih terus diingat oleh Andi Sudirman Sulaiman hingga saat ini.

Diketahui, Andi Sudirman Sulaiman resmi berhenti jadi Gubernur Sulawesi Selatan. Posisinya digantikan oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar Baharuddin sebagai Penjabat (Pj).

Bahtiar dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Selasa, 5 September 2023. Sementara, serah terima jabatan akan dilakukan pada Kamis, 7 September 2023 di rumah jabatan Gubernur.

Kontributor : Lorensia Clara Tambing

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak