facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BBPOM Makassar Cari Bahan Berbahaya Dalam Takjil Buka Puasa: Formalin, Boraks, dan Pewarna Berbahaya

Muhammad Yunus Senin, 04 April 2022 | 20:59 WIB

BBPOM Makassar Cari Bahan Berbahaya Dalam Takjil Buka Puasa: Formalin, Boraks, dan Pewarna Berbahaya
Petugas BBPOM Makassar mengambil contoh takjil atau penganan di kawasan kuliner Jalan Andi Pammpanyukki, Makassar. Untuk diuji di mobil laboratorium BBPOM Makassar, Senin (4/4/2022). [SuaraSulsel.id/Antara]

Razia bahan berbahaya dalam kue buka puasa yang dijual di kawasan kuliner

SuaraSulsel.id - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar melakukan inspeksi mendadak (sidak) penjualan takjil di kawasan kuliner di Jalan Andi Mappanyukki, Kota Makassar.

"Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan suci Ramadhan, dan kali ini pada hari kedua Ramadhan 1443 Hijriah," kata Kepala BBPOM Makassar, Hardaningsih di sela pemeriksaan contoh takjil di kawasan kuliner di Makassar, Senin 4 April 2022.

Menurut dia, ada empat zat yang berbahaya bila dikonsumsi yakni formalin, boraks, pewarna merah jambu Rodhamin B dan pewarna kuning metamin yellow.

Pada kesempatan tersebut, lanjut dia, pihaknya sudah mengambil contoh takjil Siomai yang kadang-kadang penyimpangannya dengan menambahkan boraks untuk membuat kenyal.

Baca Juga: Resep Kolak Pisang Bakar Untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan

"Nah sampel-sampel itu nanti diuji apakah pakai boraks atau tidak melalui mobil laboratorium BBPOM," katanya.

Sementara takjil yang berwarna hijau yang digunakan pada sejumlah kue atau penganan, tetap diambil contohnya untuk diuji di laboratorium kandungannya.

Apabila dalam pengujian contoh takjil atau penganan ditemukan salah satu dari empat zat berbahaya, lanjut Hardaningsih, maka pihaknya akan melakukan pembinaan.

"Hal ini mengingat mereka adalah pedagang kecil UMKM dan biasanya mereka hanya mengambil ke tetangganya yang membuat kue," katanya.

Dengan pembinaan itu, Hardaningsih mengatakan, mereka akan diedukasi untuk tidak menjual atau membuat takjil/penganan yang menggunakan zat berbahaya untuk kesehatan manusia. (Antara)

Baca Juga: Cara Membuat Es Nona di Rumah, Sederhana dan Nikmatnya Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait