facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Pertolongan Pertama Serangan Jantung, Lalukan 6 Hal Ini

Pebriansyah Ariefana Selasa, 25 Januari 2022 | 11:33 WIB

Cara Pertolongan Pertama Serangan Jantung, Lalukan 6 Hal Ini
Ilustrasi serangan jantung. [Envato]

Anda harus tahu ini agar bisa menolong teman atau keluarga Anda kelak.

SuaraSulsel.id - Cara pertolongan pertama serangan jantung. Anda harus tahu ini agar bisa menolong teman atau keluarga Anda kelak.

Dikutip dari AyoBandung, Konsultan senior dari Departemen Kardiologi di National Heart Centre Singapore (NHCS) Prof Chin Chee Tang mengungkapkan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika mengalami serangan jantung saat sendirian.

Berikut cara pertolongan pertama serangan jantung:

1. Telepon Layanan Kedaruratan

Baca Juga: Maura Magnalia Anak Nurul Arifin Meninggal di Meja Makan, Diduga Serangan Jantung

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika serangan jantung terjadi saat sedang sendirian adalah menelepon layanan kedaruratan medis. Hal ini penting untuk dilakukan karena serangan jantung memerlukan penanganan medis secepat mungkin demi menyelamatkan otot jantung.

2. Konsumsi Aspirin Bila tidak Alergi

Sebagian besar kasus serangan jantung disebabkan oleh adanya gumpalan darah yang menyumbat aliran darah ke jantung di pembuluh darah. Kekuarangan pasokan aliran darah akan membuat otot jantung mati secara progresif.

Untuk meminimalisasi dampak buruk ini, aspirin bisa dikonsumsi sambil menunggu bantuan medis datang. Penggunaan aspirin saat serangan jantung dapat membantu mencegah gumpalan menjadi lebih besar, sehingga tubuh memiliki kesempatan lebih baik untuk memecah gumpalan tersebut.

3. Tenang

Baca Juga: Berkaca dari Maura Magnalia Meninggal, Daftar Gejala Serangan Jantung Senyap

Selama menunggu bantuan medis datang, hal lain yang perlu dilakukan adalah tetap tenang. Coba untuk berbaring dan beristirahat selama menunggu bantuan.

4. Hanya Bergantung pada Nitrogliserin

Nitrogliserin merupakan obat resep dokter yang bisa melebarkan pembuluh darah sementara untuk memperbaiki pasokan darah ke jantung. Dengan efek ini, penggunaan nitrogliserin hanya dapat membuat gejala menjadi lebih ringan sementara waktu. Akan tetapi, penggunaan nitrogliserin tidak bisa mengatasi serangan jantung.

5. Sengaja Batuk Berulang

Banyak orang berpendapat bahwa sengaja batuk dapat membantu ketika serangan jantung terjadi. Prof Chin mengatakan informasi ini keliru dan sebaiknya tak diikuti.

Dalam kasus yang sangat langka di mana detak jantung sangat lambat akibat mekanisme refleks abnormal, batuk mungkin dapat membantu mengembalikan irama jantung menjadi normal. Akan tetapi, hal tersebut tak berkaitan dengan serangan jantung.

6. Menekan Dada

Seperti halnya sengaja batuk, sebagian orang menilai menaruh tekanan di dada saat serangan jantung dapat membantu. Gerakan menekan dada seperti CPR tak perlu dilakukan kecuali pasien serangan jantung mengalami henti jantung. CPR pun lebih disarankan untuk dilakukan oleh orang yang sudah terlatih.

Kronologis Maura Magnalia meninggal dunia karena serangan jantung. Maura Magnalia adalah putri artis tahun 90-an Nurul Arifin. Maura Magnalia meninggal di usia muda 28 tahun.

Misa requiem akan dilakukan pada Selasa (25/1/2022) pukul 19.00 WIB.

Jenazah rencananya akan dimakamkan di Pemakaman San Diego Hill, Karawang, Jawa Barat, Rabu (26/1/2022).

Hal itu diceritakan oleh Nurul Arifin sendiri.

Maura Magnalia meninggal dunia sekitar pukul 02.00 WIB Selasa (25/1/2022) dini hari tadi.

"Iya, betul (Maura Magnalia meninggal). Baru tadi malam, dia sih jam 02.00 WIB," kata Nurul Arifin saat dikonfirmasi, Selasa (25/1/2022).

Maura Magnalia meninggal dunia di meja makan saat keluarganya tertidur pulas.

Sang asisten rumah tangga yang mendapati Maura tak bernyawa pada pukul 04.30 WIB.

"Kami tidur dia masih di meja makan ya. Kami sudah tidur, pas masuk kamar, terus pagi-pagi jam 04.30 WIB lah, pembantu yang menemukan dia," ujar Nurul Arifin.

Tangis Nurul Arifin pecah saat mengungkap penyebab kematian putrinya.

"Mendadak (meninggalnya), jantung," imbuh istri Mayong Suryolaksono ini sambil menangis.

Demikian cara pertolongan pertama serangan jantung.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait