facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kenali 7 Makanan yang Dihindari Penderita Asam Urat

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 17 Desember 2021 | 10:45 WIB

Kenali 7 Makanan yang Dihindari Penderita Asam Urat
Ilustrasi Asam Urat. (Unsplash @imani_bht)

Kadang nyeri tersebut disertai bengkak, kemerahan maupun sensasi hangat di bagian sendi.

SuaraSulsel.id - Sakit asam urat pasti tidak enak. Banyak makanan nikmat yang menjadi pantangan. Apa saja? Berikut makanan yang dihindari asam urat.

Penyakit asam urat biasanya ditandai nyeri di area persendian yang muncul tiba-tiba dan berlangsung lama. Kadang nyeri tersebut disertai bengkak, kemerahan maupun sensasi hangat di bagian sendi.

Nah, konsumsi makanan tertentu dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah. Oleh karena itu, kalian perlu tahu makanan pantangan asam urat agar rasa tidak nyaman akibat gejala dapat dihindari.

Mari simak jenis-jenis makanannya:

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

1. Jeroan

Penderita asam urat disarankan menghindari konsumsi jeroan seperti babat, usus, iso, hati, ampela dan organ bagian dalam hewan lain. Ini karena makanan-makanan tersebut punya kandungan purin tertinggi yang seharusnya dihindari penderita asam urat. Sebagai contoh, hati ayam per 100 gram mengandung 312,2 mg purin dan dikategorikan sebagai makanan dengan kadar purin yang sangat tinggi. Sementara itu, dalam 100 gram hati sapi sebesar 219,8 mg purin.

2. Makanan Laut

Makanan laut, terutama udang dan kerang, bisa memicu asam urat karena punya kadar puran cukup tinggi. Sejumlah ikan seperti tuna, sarden, teri, haddock, herring, trout dan mackerel juga bisa menyebabkan asam urat. Dari semua jenis itu, ikan teri kering mengandung purin paling tinggi, mencapai 1.108,6 mg per 100 gram, sedangkan ikan sarden segar mengandung 210,4 mg purin. Meski demikian, tidak semua makanan laut harus dihindari oleh penderita asam urat. Anda masih bisa mengonsumsi jenis ikan yang mengandung purin lebih rendah, seperti salmon.

3. Daging Merah

Baca Juga: Viral, Cara Ekstrem Makan Makanan Laut Masih Hidup, Netizen Soroti Hal Ini

Daging merah dan bagian organ dalam seperti hati, otak dan ginjal harus dihindari pengidap asam urat. Konsumsi berlebihan makanan tersebut dapat berakibat fatal terhadap penderita asam urat. Jenis makanan ini tergolong memiliki kandungan purin sedang atau berada di atas 100 mg per 100 gram daging mentah. Daging lain seperti daging burung, daging sapi muda, dan daging rusa juga harus dihindari karena dapat memicu serangan asam urat pada malam hari.

4. Daging Olahan

Daging dan daging olahan punya banyak efek buruk jika dikonsumsi berlebihan. Selain punya lemak jenuh yang sangat tinggi, daging berpotennsi memicu asam urat. Produk dagung olahan seperti ham atau salami punya kandungan purin hingga 138,3 mg purin per 100 gramnya. Mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak bisa memicu kenaikan berat badan berlebih. Ketika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh menghasilkan lebih banyak insulin. Hal ini akan mengganggu kerja ginjal untuk membuang asam urat, sehingga menumpuk dan mengendap sampai membentuk kristal di persendian.

5. Minuman Tinggi Fruktosa

Minuman mengandung pemanis seperti soda atau jus buah memang tidak mengandung purin. Namun minuman jenis ini punya fruktosa yang tinggi, salah satu pantangan penderita asam urat. Fruktosa dan gula dapat meningkatkan pembentukan asam urat secara cepat. Sebuah penelitian yang dipublikasikan BMJ Open menemukan fakta bahwa risiko asam urat tinggi naik sekitar 85 persen pada pria yang minum lebih dari dua porsi soda per hari, dibanding yang hanya minum satu gelas minuman manis dalam sebulan.

6. Minuman Beralkohol

Beberapa jenis minuman beralkohol seperti bir mengandung purin tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Sebuah penelitian dari Boston University School of Medicine menemukan fakta bahwa semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, semakin besar risikonya untuk mengalami asam urat. Minuman beralkohol lain yang juga mengandung purin adalah anggur. Namun, kadar purinnya tidak terlalu tinggi.

7. Sayuran

Ada beberapa sayuran yang memiliki kadar purin tinggi seperti bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, dan jamur. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat tinggi. Hal itu apabila konsumsi dilakukan secukupnya.

Itulah jenis makanan yang dihindari asam urat. Carilah makanan yang aman buat pengidap asam urat seperti buah-buahan dan mayoritas sayuran. Kentang, kacang polong, jamur, lentil, kacang kedelai, biji-bijian, dan produk susu bisa menjadi pilihan. Mari jaga pola makan kita agar tetap sehat dan terbebas dari asam urat.

Kontributor : Alan Aliarcham

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait