facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

FKUB Indonesia Teguhkan Tekad, Toleransi Agama di Indonesia Wajib Dijaga

Muhammad Yunus Sabtu, 20 November 2021 | 05:35 WIB

FKUB Indonesia Teguhkan Tekad, Toleransi Agama di Indonesia Wajib Dijaga
Wapres Ma'ruf Amin membuka Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional (KONAS) Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) ke-6 Indonesia, Jumat 19 November 2021 [SuaraSulsel.id/Istimewa]

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk

SuaraSulsel.id - Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk. Memiliki beragam agama, suku, adat, dan budaya. Kehadiran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dengan segala aktivitasnya guna memperkuat toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia diharapkan menjadi inspirasi kerukunan umat beragama dunia.

Seperti halnya kegiatan Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Ke-6 FKUB Indonesia yang diselenggarakan di Minahasa Utara.

“Kegiatan ini diharapkan dapat makin memperkuat toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia dan sekaligus memberikan inspirasi bagi kerukunan umat beragama di dunia,” ungkap Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Jumat 19 November 2021.

Lebih lanjut, Wapres menuturkan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang beragama, sehingga kerukunan antarumat beragama sangat penting untuk dijaga karena merupakan unsur utama bagi terciptanya kerukunan nasional.

Baca Juga: Hadapi Rachata Khaophimai, Daud Yordan: Kemenangan KO Mutlak Didapatkan

“Kerukunan umat beragama tidak datang dengan sendirinya, tetapi harus senantiasa kita jaga dan kita pelihara,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Wapres, Majelis-Majelis Agama bersama pemerintah membentuk FKUB yang tugas utamanya adalah melakukan berbagai upaya dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Baik dalam bentuk dialog maupun mediasi. Untuk mencegah terjadinya konflik atau menyelesaikan perselisihan.

“Saya memberikan apresiasi atas peran dan kontribusi FKUB sebagai media yang sangat efektif dalam membangun kerukunan serta sekaligus menyelesaikan perselisihan atau konflik berlatar belakang agama,” pujinya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Asosiasi FKUB Taslim Syahlan dalam laporannya menyebutkan bahwa FKUB di seluruh Indonesia telah meneguhkan tekad untuk menguatkan pentingnya kerukunan umat beragama di seluruh wilayah tanah air.

“Kami telah bersepakat bahwa toleransi dengan memantapkan untuk saling pengertian, saling menghormati, mengedepankan kesetaraan sesama umat beragama, dan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk bekerjasama tanpa memandang latar belakang agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tegasnya.

Baca Juga: Berikan Beasiswa, Yamaoka Scholarship Foundation Mempererat Kerjasama Indonesia-Jepang

Selain itu, Taslim juga menyebutkan bahwa FKUB juga telah bertekad bulat untuk melakukan percepatan kehidupan moderasi beragama di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait