alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda Mencegah Keguguran dan Agar Janin Sehat

Pebriansyah Ariefana Senin, 15 November 2021 | 14:28 WIB

5 Makanan untuk Ibu Hamil Muda Mencegah Keguguran dan Agar Janin Sehat
Makanan untuk Ibu Hamil Muda.

Makanan untuk ibu hamil muda penting diketahui untuk mencegah keguguran dan agar janin sehat.

SuaraSulsel.id - Ibu hamil muda membutuhkan asupan makanan tak biasa. Makanan untuk ibu hamil muda penting diketahui untuk mencegah keguguran dan agar janin sehat.

Sehingga asupan makanan pada trimester pertama merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan badan serta pertumbuhan janin bayi. Asupan makanan merupakan hal penting yang perlu diketahui pasangan yang hendak membuat program kehamilan.

Dengan begitu, ketika hasil tes sudah dinyatakan mengandung janin, baik calon bapak maupun ibu sudah tak kebingungan lagi. Trimester pertama merupakan saat-saat penting.

Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tepat, janin bisa tumbuh lebih sehat dan sempurna. Lebih penting lagi, wanita yang mengandung bisa terjaga kesehatannya, hingga potensi keguguran bisa diminimalisir.

Baca Juga: Ngidam Unik, Warganet Ini Ingin Jadi Pengantin Lagi

Pengetahuan mengenai asupan makanan yang tepat sebagai bekal agar saat berbadan dua, seorang ibu hamil tak sekadar menambah porsi makanan. Namun, yang paling penting adalah menambah porsi gizi.

Lalu, apa saja makanan untuk ibu hamil muda?

Berikut ini lima makanan yang tepat untuk dikonsumsi pada tiga bulan pertama kehamilan:

1. Makanan Sumber Asam Folat

Ilustrasi Telur Jepang. (pexels)
Ilustrasi Telur Jepang. (pexels)

Ada banyak makanan yang menjadi sumber dari asam folat. Asam folat atau vitamin B kompleks yang larut dalam air penting dalam proses pembentukan DNA dan sel darah merah. Asam folat turut mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat tabung saraf.

Baca Juga: 9 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Baik untuk Kesehatan Bayi yang Dikandung

Makanan yang menjadi sumber asam folat, yakni kacang merah, bayam, brokoli, telur, kacang tanah dan alpukat.

2. Makanan Kaya Serat

Nasi goreng buah naga (TikTok @evi_novrianty)
Nasi goreng buah naga (TikTok @evi_novrianty)

Makanan kaya serat menjadi bagian penting dari makanan untuk ibu hamil muda. Serat bisa menjadi kontrol untuk kenaikan berat badan, mencegah pleeklamsia serta masalah buang air besar.

Serat ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah segar, kacang-kacangan, biji-bijian hingga sayuran yang sudah dimasak.

3. Makanan Sumber Zat Besi

Bayam (Envato)
Bayam (Envato)

Zat besi penting dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama yang mudah kelelahan. Dengan kebutuhan zat besi yang cukup, ibu hamil bisa mencegah dari terkena anemia.

Makanan sumber zat besi bisa ditemukan dengan mudah, sama seperti makanan sumber serat atau asam folat. Mulai dari biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, bayam, daging sapi, daging ayam dan telur yang dimasak dengan matang.

4. Makanan Sumber Protein

Gulai Ikan Patin (Instagram/rinhastuti)
Gulai Ikan Patin (Instagram/rinhastuti)

Makanan yang kaya akan protein cukup penting pada trimester pertama. Selain menjaga kesehatan ibu hamil, protein penting untuk pembentukan jaringan tubuh pada janin bayi pada masa kehamilan.

Makanan sumber protein dapat didapatkan dengan gampang. Makanan itu terdiri dari daging tanpa lemak, ikan, telur dan unggas yang diolah dengan tingkat kematangan penuh.

5. Makanan Sumber Kalsium

Peternak memerah susu kambing etawa di kandang milik koperasi Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo, Sindang, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021). [ANTARA FOTO/Dedhez Anggara]
Peternak memerah susu kambing etawa di kandang milik koperasi Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo, Sindang, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021). [ANTARA FOTO/Dedhez Anggara]

Mengapa ibu hamil disarankan rutin meminum susu? jawabannya adalah untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Susu yang mengandung kalsium sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh serta pertumbuhan tulang janin.

Namun, sumber kalsium bukan dari susu saja. Ada banyak makanan yang mengandung kalsium, seperti yoghurt, sayuran berdaun hijau, biji-bijian, ikan, tahu dan tempe.

Demikian ini pembahasan mengenai makanan untuk ibu hamil muda. Dengan mempelajari dan menerapkan asupan makanan yang tepat pada trimester pertama, ibu hamil bisa terjaga dengan baik kondisi tubuhnya, serta pertumbuhan janin lebih bagus.

Kontributor : Lukman Hakim

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait