alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sinopsis Bumi Manusia Adaptasi dari Novel Pramoedya Ananta Toer

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 05 November 2021 | 14:00 WIB

Sinopsis Bumi Manusia Adaptasi dari Novel Pramoedya Ananta Toer
Poster film Bumi Manusia [dok Falcon Pictures]

Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diproduksi oleh Falcon Pictures, yang dirilis tanggal 9 Agustus 2019 dengan durasi 181 menit.

SuaraSulsel.id - Bumi Manusia merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel karangan Pramoedya Ananta Toer yang memiliki judul serupa. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diproduksi oleh Falcon Pictures, yang dirilis tanggal 9 Agustus 2019 dengan durasi 181 menit. Berikut akan dibahas soal sinopsis Bumi Manusia.

Dalam film Bumi Manusia mengisahkan tentang kisa muda mudi yang merajut cinta di atas pentas pergelutan tanah kolonial awal abad 20 antara Minke (Iqbaal Ramadhan) dan Annelies Mellema (Mawar de Jongh).

Tatanan sosial di masa tersebut memberikan kesulitan bagi kedua insan ini, tatanan sosial berdasarkan golongan membuat para penjajah dipandang sebagai kelas sosial dengan strata yang tinggi, berbeda dengan warga pribumi yang dianggap sebelah mata dan rendahan.

Minke merupakan seorang pribumi, namun ayahnya merupakan seorang Bupati di tanah Jawa. Kemudian Minke mendapatkan kesempatan, untuk bersekolah di Hoogere Burgerschool (HBS), mayoritas siswa di sekolah ini hanyalah untuk orang-orang Eropa khususnya Belanda.

Baca Juga: Pengin Bikin Desa di Jogja, Hanung Bramantyo Banting Setir Jadi Juragan Tanah?

Sedangkan orang Indonesia yang boleh bersekolah di sekolah ini hanyalah mereka yang bersalah dari kalangan pejabat dan keluarga ningrat. Karakter Minke yang jenius dan membuatnya sangat disegani oleh teman-temannya.

Minke bukanlah nama asli dari pemuda tersebut, berasal dari kata Monkey kemudian teman-temannya banyak memanggilnya dengan sebutan Minke. Sedangkan nama asli dari Minke adalah Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerojo.

Jatuh cinta dengan Annelise Mellema yang merupakan anak dari Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febriyanti), sayang Nyai merupakan istri simpanan seorang Belanda yang bernama Herman Mellema, karena statusnya sebagai istri simpanan tersebutlah ia dipandang rendah oleh orang-orang.

Kisah cinta mereka ditentang dengan golongan sosial yang berlaku pada masa tersebut, banyak pihak yang menentang hubungan antara Minke dan Annelise, terutama ayah Minke yang baru saja diangkat sebagai Bupati.

Demikian sinopsis Bumi Manusia.

Baca Juga: Gara-Gara Pandemi, Hanung Bramantyo Jadi Juragan Tanah di Jogja

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait