alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

ASN Kabupaten Sidrap Didorong Pakai Kendaraan Listrik

Muhammad Yunus Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:23 WIB

ASN Kabupaten Sidrap Didorong Pakai Kendaraan Listrik
Konvoi motor listrik di Kota Parepare memperingati Hari Listrik Nasional [Antara]

Pemkab Sidrap sangat mendukung transformasi lifestyle masyarakat

SuaraSulsel.id - Pemerintah Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, mendorong penggunaan kendaraan listrik. Bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pada ruang lingkup pemerintah kabupaten tersebut.

Wakil Bupati Sidrap Mahmud Yusuf pada talkshow electrifying lifestyle festival yang digelar di kawasan Pantai Kering Sidrap, mengatakan Pemkab Sidrap sangat mendukung transformasi lifestyle masyarakat. Khususnya ASN dalam penggunaan kendaraan listrik.

"Kendaraan listrik ini adalah transformasi gaya hidup sebagai lompatan tekhnologi yang jauh ke depan dan harus segera kita manfaatkan. Dari pemerintah, semua pegawai negeri bisa saja kita ikutkan dalam program electrifying lifestyle sebagai langkah awal," urai Mahmud, Selasa 26 Oktober 2021.

Mahmud Yusuf mengemukakan, pihaknya mulai merencanakan kemungkinan kerjasama dengan beberapa pihak pembiayaan dan perbankan untuk pembelian kendaraan listrik oleh para ASN.

Baca Juga: Terapkan Electrifying Lifestyle, Pemkap Sidrap Dorong ASN Gunakan Kendaraan Listrik

Sebab dari hasil analisa yang dilakukan, Mahmud memastikan bahwa kendaraan listrik sangat efisien dalam hal biaya, serta dipastikan sangat ramah lingkungan karena 0 emisi karbon.

"Jadi bisa kita upayakan kerjasama dengan market atau penjual motor listrik untuk memberi kemudahan kepada ASN, apalagi harganya sangat terjangkau," ujar dia.

Tidak tanggung-tanggung, Ahmad mengungkapkan bahwa siap menfasilitasi PLN untuk membangun SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) hingga lima unit dalam mendukung penggunaan kendaraan listrik di tengah masyarakat Sidrap, khususnya ASN.

Meski demikian, menurutnya, hal utama yang perlu dilakukan ialah sosialisasi dan edukasi kepada para ASN atas transformasi penggunaan kendaraan listrik tersebut.

Lebih jauh, dia menjelaskan bahwa hal ini seiring dengan program Pemerintah Pusat yang menargetkan tahun 2040 mendatang, tidak ada lagi kendaraan berbahan bakar konvensional.

Baca Juga: Foto Hepi-hepi Wali Kota Cilegon di Bali Tersebar, Sekda Ungkap Hal Ini

Guna mendukung terbentuknya ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Sulawesi, PLN UIW Sulselrabar telah membangun satu SPKLU fast charging pertama di Indonesia Timur yang berada di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mattoanging, Kota Makassar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait