alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bunga Teratai di Danau Rana Tonjong Ancam Areal Persawahan

Muhammad Yunus Sabtu, 15 Mei 2021 | 10:59 WIB

Bunga Teratai di Danau Rana Tonjong Ancam Areal Persawahan
Ilustrasi bunga teratai. (Pixabay/Mabel Amber)

Danau Rana Tonjong di Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT

SuaraSulsel.id - Danau Rana Tonjong di Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT terlihat indah ditumbuhi bungai teratai. Namun keindahan ini berpotensi membawa dampak buruk bagi areal persawahan yang berada di sekitarnya.

Bunga lotus atau teratai ini rupanya memiliki akar tempel. Sehingga mudah menjalar ke banyak tempat, apalagi tidak adanya tembok pembatas.

Akibatnya area persawahan warga dan tanaman padi pun berpotensi rusak karena ditumbuhi bunga teratai di sekeliling tanaman padi.

Salah satu pemilik sawah asal Kelurahan Pota, Abdulah Yusuf kepada Telisik.id -- jaringan suara.com menyampaikan keluhan terkait menjalarnya bunga teratai dari Danau Rana Tonjong.

Baca Juga: Pergerakan Tanah, Belasan Hektare Persawahan Sukaresmi-Cianjur Gagal Panen

Ia mengatakan, menjalarnya akar Rana Tonjong berpotensi merusak tanaman padi, sebab akar tersebut dapat membelit tanaman padi yang sudah ditanam.

"Lama-kelamaan sawah saya rusak karena menjalarnya akar Rana Tonjong ini. Saya minta ada perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur agar Rana Tonjong dibangun tembok pembatas," tutur Abdullah, Sabtu 15 Mei 2021.

Hal serupa disampaikan Mukhtar salah satu Warga Desa Nanga Mbaling.

Mukhtar mengatakan, antara Rana Tonjong dan persawahan warga harus dibangun tembok pembatas supaya akar teratai tidak menjalar sampai ke area persawahan.

"Kami disini juga waspada karena takut akar itu menjalar sampai ke sawah kami. Percuma tempat ini dikatakan destinasi wisata kalau ujung-ujungnya merusak. Karena itu segera bangun tembok," ujar Mukhtar.

Baca Juga: Sudah Hampir Sepekan, Banjir di Karawang Merendam Areal Persawahan

Sementara itu Koordinator Pariwisata Pantura Kecamatan Sambi Rampas, Arsyad saat dikonfirmasi Telisik.id membenarkan bahwa akar Rana Tonjong yang menjalar ke persawahan warga itu berpotensi merusak tanaman padi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait