alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bisa Pengaruhi Banyak Hal, Cek 3 Cara Menjaga Keseimbangan Hormon

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana Senin, 30 November 2020 | 19:06 WIB

Bisa Pengaruhi Banyak Hal, Cek 3 Cara Menjaga Keseimbangan Hormon
Ilustrasi wanita sakit menstruasi (istockphoto)

Menjaga keseimbangan hormon sangat diperlukan untuk kesehataan secara keseluruhan.

SuaraSulsel.id - Hormon merupakan zat yang berperan penting dalam setiap fungsi tubuh. Kesehatan kulit, kekebalan energi, suasana hati, kesuburan, libido, kesehatan tulang, kesehatan jantung, penuaan yang sehat dan lain sebagainya tak luput dari peran keseimbangan hormon.

Oleh karena itu, menjaga keseimbangan hormon sangat diperlukan untuk kesehataan secara keseluruhan. Melansir dari Body and Soul, berikut beberapa cara menyeimbangkan hormon secara alami, antara lain:

1. Mengelola Stres

Stres kronis sangat memengaruhi keseimbangan hormon karena menghasilkan kelebihan kortisol dan adrenalin dari kelenjar adrenal.

Baca Juga: Simak, Begini 4 Tanda Alat Kontrasepsi Perempuan Tak Cocok

Stres kronis juga akan menyebabkan kekurangan nutrisi, sehingga mengganggu keseimbangan mikrobioma dan kesehatan usus yang buruk dan berdampak pada keseimbangan hormonal. Jika Anda mengalami hormon yang tidak seimbang, maka stres adalah hal pertama yang perlu Anda atasi.

2. Jaga Kesehatan Usus

Mikrobioma memainkan peran penting dalam keseimbangan hormonal, khususnya estrogen. Di dalam usus, kita memiliki sesuatu yang disebut estrobolome di mana merupakan sekelompok bakteri yang bertanggung jawab untuk memetabolisme estrogen.

Ketika kelompok mikrobioma ini tidak seimbang maka dapat menyebabkan kerusakan yang buruk pada metabolisme estrogen.

Estrogen yang berlebihan dapat menjadi faktor penyebab gejala PMS seperti kram, kembung, pembekuan, payudara terasa lembut, dan perubahan suasana hati yang parah.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, Penderita PCOS Memiliki Kemungkinan Hamil!

Menjaga usus tetap sehat bisa dilakukan dengan menghindari makanan olahan dan tinggi gula, alkohol, dan gunakan ibuprofen seminimal mungkin.

Sebaliknya, makanan yang perlu Anda konsumsi adalah makanan prebiotik seperti bawang putih, bawang merah, daun bawang, asparagus, artichoke globe, dan teh hijau. Selain itu, Anda juga perlu konsumi makanan kaya probiotik seperti sauerkraut, kimchi, kefir, kvass, kombucha, dan yoghurt.

Ilustrasi makanan sehat untuk jaga imunitas tubuh. (Unsplash)
Ilustrasi makanan sehat untuk jaga imunitas tubuh. (Unsplash)

3. Detoksifikasi Hati dengan Makanan

Hati adalah tempat mendetoksifikasi yang kemudian membuang limbah dan racun, termasuk hormon. Ketika fase detoksifikasi hati tidak bekerja secara optimal, maka dapat menyebabkan peningkatan resirkulasi hormon seperti kortisol dan estrogen di mana dapat menyebabkan kadar hormon berlebih.

Untuk menjaga kesehatan detoksifikasi hari, Anda perlu kurangi atau hindari parasetamol, alkohol, pestisida, merokok, asap cat, asap knalpot, dan produk pembersih kimia.

Sebaliknya, konsumsi zinc, vitamin C, sayuran seperti kubis, brokoli, kembang kol, bawang putih mentah, bawang bombay, daun bawang, alpukat, kenari, hingga mentimun. Konsumsi juga makanan kaya antioksidan untuk menjaga kesehatan hormonal.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait