Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peringatan HUT RI ke-77 di Kota Kendari, Bendera Merah Putih Berukuran 770 Meter Berkibar di Jembatan Teluk

Chandra Iswinarno Rabu, 17 Agustus 2022 | 22:02 WIB

Peringatan HUT RI ke-77 di Kota Kendari, Bendera Merah Putih Berukuran 770 Meter Berkibar di Jembatan Teluk
Suasana upacara pengibaran Merah Putih 770 meter di Jembatan Teluk Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (17/8/2022). [ANTARA/HO]

Ada perayaan yang berbeda dalam Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (17/8/2022).

SuaraSulsel.id - Ada perayaan yang berbeda dalam Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (17/8/2022). Lantaran sejumlah pemuda menggelar aksi pengibaran bendera merah putih di Jembatan Teluk Kota Kendari.

Bendera merah putih yang dibentangkan pun tak main-main, ukurannya mencapai 770 meter.

Promotor aksi sekaligus Ketua Umum Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Kendari La Ode Izhar mengatakan pengibaran itu telah direncanakan bersama rekan-rekannya sejak dua pekan lalu.

"Panjangnya 770 meter. Kalau tahun (2021) lalu hanya 76 meter, kita targetkan pengibaran kali ini menjadi Merah Putih terpanjang yang dikibarkan pemuda khususnya di Sulawesi Tenggara," katanya seperti dikutip Antara.

Baca Juga: HUT ke-77 Republik Indonesia, Bendera Merah Putih Berkibar di Negeri di Atas Awan

Meski diguyur hujan, namun tidak menyurutkan niat mereka untuk tetap mengibarkan Bendera Merah Putih di salah satu ikon baru Kota Kendari tersebut. Tak hanya mereka, sejumlah warga yang melintas pun spontan ikut mengibarkan Bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya di jembatan tersebut.

Bendera merah putih tersebut dibentangkan di salah satu lajur jembatan.

Dalam proses pembuatannya, Izhar mengaku bendera merah putih tersebut dijahit oleh salah satu penjahit yang ada di daerah Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia selama kurang lebih 12 jam.

"Kemarin sore jam tiga saya antar kain 20 gulung, diselesaikan tadi pagi jam 07.00 WITA oleh salah satu penjahit di Anduonohu. kebetulan dia panggil lima orang keluarganya," ujar dia.

Pada momen HUT Kemerdekaan RI ini, dia mengajak anak muda khususnya yang ada di Kota Kendari agar menciptakan suatu karya yang bisa bermanfaat dan mengharumkan nama daerah baik di skala lokal, nasional bahkan global.

Baca Juga: Siswa Pembawa Baki Bendera Merah Putih Keluarkan Air Mata Lalu Pingsan, Diduga Kelelahan

"Saya yakin kegiatan ini bisa menginspirasi bahwa kita anak pelosok kita Anak Pinggiran dari NKRI ini bisa melakukan sesuatu yang luar biasa dan bisa dilihat oleh nasional," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait