facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BMKG: Lima Wilayah di Sultra Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dan Angin Kencang

Erick Tanjung Rabu, 26 Januari 2022 | 11:26 WIB

BMKG: Lima Wilayah di Sultra Berpotensi Diguyur Hujan Lebat dan Angin Kencang
Ilustrasi hujan badai (pixabay.com)

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra pada hari ini tepatnya di lima daerah tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat," ujar Faezal.

SuaraSulsel.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Kendari menyampaikan, sebanyak lima wilayah di Sulawesi Tenggara berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Rabu (26/1/2022).

Prakirawan BMKG Kendari Fezal Habibie mengatakan kelima daerah tersebut yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe, dan Konawe Utara.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra pada hari ini tepatnya di lima daerah tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," kata Faezal melalui keterangan tertulis.

Fezal menjelaskan, di Kabupaten Kolaka potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Iwoimendaa yang dapat meluas ke Wolo dan Samaturu.

Baca Juga: Waspada Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jawa Barat, BMKG Sebut Bisa Mencapai Empat Meter

Di Kabupaten Konawe potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Abuki, Latoma, Asinua, Kapoiala yang dapat meluas ke wilayah Unaaha, Pondidaha, Sampara, Soropia, Tongauna, Besulutu, Bondoala, Routa, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, Lalonggasumeeto, Padangguni, Morosi, Anggalomoare, Anggotoa, dan Tongauna Utara.

Lalu di Kabupaten Kolaka Utara potensi hujan dapat mengguyur wilayah Kecamatan Lasusua, Rante Angin, Kodeoha, Ngapa, Wawo, Lambai, Watunohu, Katoi, Tiwu yang dapat meluas ke Pakue, Batu Putih, Pakue Tengah, Pakue Utara, Porehu, dan Tolala.

Kemudian di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Asera, Molawe, Lasolo, Lembo, Sawa, Andowia, Motui yang dapat meluas ke Wiwirano, Langgikima, Oheo, Lasolo Kepulauan, dan Landawe.

Potensi hujan sedang hingga lebat di Kabupaten Kolaka Timur dapat terjadi di Kecamatan Ueesi yang dapat meluas ke Uluiwoi.

BMKG menyebut, kondisi ini berpotensi dapat meluas ke wilayah Kabupaten Buton yaitu di Kecamatan Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina; Kabupaten Wakatobi yakni Kecamatan Wangi-wangi, Kaledupa, Wangi Wangi Selatan, Kaledupa Selatan; dan Kota Kendari di antaranya di Kecamatan Mandonga, Kendari, Kendari Barat, Puuwatu.

Baca Juga: Diprediksi akan Diguyur Hujan, Ini Prediksi Cuaca di Kota Besar di Indonesia

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 05:30 Wita," ujar dia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait