facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

46 Ribu Kasus HIV/AIDS Tersebar di 29 Kabupatan/Kota Papua

Muhammad Yunus Rabu, 01 Desember 2021 | 15:00 WIB

46 Ribu Kasus HIV/AIDS Tersebar di 29 Kabupatan/Kota Papua
Ketua Harian Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Papua Anton Tony Mote [SuaraSulsel.id/Antara]

Jumlah data pengidap kasus HIV/AIDS di Provinsi Papua

SuaraSulsel.id - Ketua Harian Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Papua Anton Tony Mote mengatakan, jumlah data pengidap kasus HIV/AIDS di Provinsi Papua hingga 1 Desember 2021 mencapai 46.967 kasus. Tersebar di 29 kabupaten/kota Provinsi Papua.

"Dari data jumlah terbaru untuk di Provinsi Papua yakni Jayapura 508 kasus dan Nabire 466 kasus menempati jumlah kasus tertinggi,"ungkap Ketua Harian KPA Papua Anton Mote di sela-sela peringatan hari AIDS Internasional 1 Desember di Jayapura, Rabu 1 Desember 2021.

Dikatakannya untuk mencegah penyebaran dan penularan HIV/AIDS pihak KPA Papua bersama sejumlah elemen masyarakat, LSM, tokoh agama dan para ODHA melakukan kampanye tentang pencegahan virus HIV/AIDS melalui kegiatan doa dan jalan bersama.

Ketua KPA Anton Mote mengatakan kampanye pencegahan HIV/AIDS dilakukan bersama warga Papua pada peringatan hari AIDS sedunia menjadi salah satu rangkaian peringatan mengisi hari AIDS internasional.

Baca Juga: Warga Kendari Dihimbau Cegah Virus HIV AIDS, Jauhi Seks Bebas

"Acara perayaan hari AIDS sedunia meningatkan semua elemen warga Papua bahwa penyakit menular ini masih ada sehingga diperlukan kebersamaan untuk mencegahnya," kata Anton Mote di sela-sela perayaan hari AIDS internasional dipusatkan di halaman gedung Sasana Krida kantor gubernur Papua Dok II Jayapura.

Ia mengakui, selain jalan dan doa bersama dilakukan juga penandatanganan fakta integritas dari perwakilan pemerintah, LSM,tokoh agama, tokoh adat, profesional dan lembaga non pemerintah untuk ikut serta mendukung pencegahan HIV/AIDS.

Anton menyebut, jumlah penderita HIV/AIDS di Provinsi Papua berdasarkan data terbaru sebanyak 46.967 kasus tersebar di 29 kabupaten/kota Provinsi Papua.

Ketua panitia hari AIDS sedunia Asri Gombo mengakui, melalui kampanye HIV/AIDS dapat meningkatkan kesadaran warga Papua untuk ikut peduli melakukan pencegahan virus HIV/AIDS.

"Panitia hari AIDS internasioal membuat kegiatan jalan pagi bersama, ibadah syukur, hiburan rakyat dan pembagian hadiah door prize,"ungkap Asri Gombo.

Baca Juga: Orang Papua Peringati 1 Desember di Jakarta, Polisi Tutup Akses Jalan ke Istana Negara

Kegiatan kampanye hari AIDS internasional 1 Desember 2021 di Kota Jayapura berlangsung dengan aman dan lancar serta mengutamakan prokes mencegah COVID-19.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait