alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Mitos Ciri-ciri Hamil Bayi Perempuan, Termasuk Wajah Nampak Lebih Kusam dari Biasanya

Risna Halidi Selasa, 16 November 2021 | 15:12 WIB

5 Mitos Ciri-ciri Hamil Bayi Perempuan, Termasuk Wajah Nampak Lebih Kusam dari Biasanya
Ilustrasi hamil. (unsplash)

Tak ada salahnya untuk mengetahui ciri-ciri hamil bayi perempuan yang berkembang di masyarakat.

SuaraSulsel.id - Ciri-ciri hamil bayi perempuan. Meski secara medis jenis kelamin baru bisa diprediksi melalui tes USG, namun ada mitos yang berkembang di masyarakat tentang ciri-ciri hamil bayi perempuan.

Ilmu medis mana pun tak ada yang bisa memprediksi jenis kelamin janin bayi, ketika hanya dilihat secara kasat mata.

USG Kehamilan merupakan tindakan medis yang bisa memprediksi jenis kelamin bayi yang akan lahir, melalui ciri-ciri yang terlihat pada janin.

Tes USG bisa dilakukan ketika usia kehamilan mencapai minggu ke-18 hingga 20. Namun, tak sedikit kasus jenis kelamin yang dilihat saat USG, berbeda dengan ketika sudah lahir.

Baca Juga: Benarkah Ada Tanda Khusus Bawaan Hamil Bayi Perempuan? Ini Faktanya

Ilustrasi Hamil (Pexels/MART PRODUCTION)
Ilustrasi Hamil (Pexels/MART PRODUCTION)

Meski begitu, tak ada salahnya untuk mengetahui ciri-ciri hamil bayi perempuan yang berkembang di masyarakat. Mitos ini tak hanya ada di Indonesia, namun juga belahan bumi lainnya.

Berikut ini lima mitos ciri-ciri hamil bayi perempuan:

1. Ngidam Makanan Rasa Asam atau Manis
Ngidam atau menyukai makanan tertentu ketika sedang hamil, hanya ada dalam kamus masyarakat Indonesia, khususnya Jawa. Momen ini bisa muncul sewaktu-waktu, hingga sering dikelukan para laki-laki, terutama ketika permintaan datang dini hari.

Mitos yang berkembang, jika bayi hamil perempuan, ibu hamil akan ngidam makanan yang rasanya asam atau manis. Namun begitu, dalam penjelasan medis, rasa makanan ini sejatinya tak ada hubungannya dengan kelamin janin bayi, melainkan hormon ibu hamil yang mempengaruhi indera penciuman.

2. Detak Jantung Janin Bayi
Dari catatan medis, detak jantung janin bayi berada pada angka 110 hingga 160 kali per menit. Namun, mitos yang berkembang, jika jantung berdetak lebih dari 140 kali per menit, maka akan hamil anak perempuan.

Baca Juga: Heboh Bayi Ditemukan di Pohon Kelengkeng, Sengaja Dibuang Karena Hal Ini

Mitos itu ada benang merahnya dengan penelitian, namun hanya berlaku menjelang persalinan. Sementara jika masih jauh dari waktu persalinan, hal itu tak bisa dibuktikan secara medis. Kenyataannya, detak jantung janin bayi antara kelamin laki-laki dan perempuan tak ada bedanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait