facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bukan Cuma Sayur dan Susu, Ini 5 Makanan Ibu Hamil Baik untuk Pertumbuhan Janin

Pebriansyah Ariefana Selasa, 16 November 2021 | 13:28 WIB

Bukan Cuma Sayur dan Susu, Ini 5 Makanan Ibu Hamil Baik untuk Pertumbuhan Janin
ilustrasi apel (unsplash.com/@shelleypauls)

Sebab masa kehamilan adalah masa penting untuk pertumbuhan optimal si Kecil di dalam kandungan.

SuaraSulsel.id - Ibu hamil harus makan makanan sehat dan bergizi. Hal itu untuk pertumbuhan janin si calon buah hati. Tak hanya sayur dan susu, berikut akan kami bahas makanan ibu hamil baik untuk pertumbuhan janin.

Sebab masa kehamilan adalah masa penting untuk pertumbuhan optimal si Kecil di dalam kandungan. Ibu hamil akan membutuhkan asupan makanan lebih daripada ibu yang tidak hamil.

Sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi nutrisi, seperti folat untuk mencegah bayi terlahir cacat, kalsium dan protein untuk pembentukan jaringan tubuh dan tulang janin, serta zat besi untuk mencegah anemia saat hamil.

Pastikan menu makan Bunda bervariasi dan mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Baca Juga: 6 Minuman dan Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Mencegah Keguguran

Berikut makanan sehat untuk ibu hamil:

1. Sayur dan buah

Sayur dan buah adalah bahan makanan utama dalam pola makan sehat bagi ibu hamil. Setiap ibu hamil perlu mengonsumsi setidaknya 5 porsi sayuran dan buah-buahan berbeda tiap hari untuk mendapatkan aneka vitamin, mineral, serta serat.

2. Daging tanpa lemak, ikan, dan telur

Ilustrasi daging sapi
Ilustrasi daging sapi

Kelompok makanan ini kaya akan kandungan protein yang penting untuk pertumbuhan janin, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Baca Juga: Hallo Bunda, Ini 5 Ciri-ciri Hamil Bayi Laki-laki, Salah Satunya Ngidam Makanan Asin

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan berperan penting dalam mencukupi kebutuhan serat dan melancarkan pencernaan ibu hamil. Selain itu, kelompok makanan ini juga kaya akan kalsium, folat, zat besi, dan seng.

4. Makanan sumber karbohidrat

Gandum utuh merupakan salah satu sumber karbohidrat yang juga kaya akan nutrisi lain, termasuk serat, vitamin E, dan selenium yang baik untuk tumbuh kembang janin di dalam rahim.

5. Susu dan produk olahannya

Ilustrasi susu. [Freepik]
Ilustrasi susu. [Freepik]

Susu dan produk olahan susu, seperti yoghurt dan keju, kaya akan kalsium yang baik untuk pembentukan jaringan tulang pada bayi serta menjaga kesehatan tulang ibu.
Selama masa kehamilan, Bumil disarankan untuk mengonsumsi kurang lebih 2,5 liter (setara dengan 10 gelas) air dalam sehari. Cairan ini juga bisa diperoleh dari makanan, seperti buah dengan kadar air yang tinggi, jus, atau susu.

Demikian penjelasan mengenai makanan ibu hamil yang sehat, semoga bermanfaat.

Kontributor : Annisa Nur Rachmawati

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait