facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Minuman dan Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Mencegah Keguguran

Pebriansyah Ariefana Selasa, 16 November 2021 | 13:19 WIB

6 Minuman dan Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Mencegah Keguguran
Ilustrasi ibu hamil yang dilarang gunakan ganja [shutterstock]

Sebab periode kehamilan adalah masa yang menentukan kualitas sumber daya manusia di masa mendatang.

SuaraSulsel.id - Ibu hamil adalah salah satu prioritas dalam kehidupan dan fasilitas publik. Selain itu ada juga minuman dan makanan yang dilarang untuk ibu hamil untuk mencegah keguguran. Sebab periode kehamilan adalah masa yang menentukan kualitas sumber daya manusia di masa mendatang.

Hal ini disebabkan oleh proses tumbuh kembang anak yang dipengaruhi keadaannya selama di dalam kandungan. Pola makanan pada ibu hamil menjadi faktor resiko dari masalah gizi ibu. Hal ini penting untuk diperhatikan sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan anak.

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil setiap hari memang akan memengaruhi janin secara langsung. Untuk itu Mama harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

Adupun makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Penasaran apa saja makana yang dilarang untuk ibu hamil?

Baca Juga: Hallo Bunda, Ini 5 Ciri-ciri Hamil Bayi Laki-laki, Salah Satunya Ngidam Makanan Asin

Berikut penjelasan mengenai apa saja makan yang dilarang untuk ibu hamil dikutip dari berbagai sumber:

Ilustrasi ibu hamil (Freepik)
Ilustrasi ibu hamil (Freepik)

1. Makanan Laut yang Masih Mentah

Di dalam makanan laut seperti udang, ikan lele, nila, teri, hingga tuna kaleng terkandung sumber protein yang bagus berupa asam lemak Omega-3. Asupan ini berguna untuk meningkatkan perkembangan otak dan mata bayi.

Namun sayangnya beberapa makanan laut tersebut bisa mengandung zat kimia yang berbahaya bagi sistem saraf bayi yang ada didalam kandungan.

2. Daging dan Telur yang Kurang Matang

Baca Juga: Pemuda Ini Dibekuk Polisi Gegara Hamili 3 Wanita dalam Setahun

Tidak hanya itu, daging dan telur yang kurang matang juga merupakan makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Karena ibu hamil lebih tinggi terkena keracunan bakteri pada makanan yang kurang matang.

3. Buah dan Sayuran yang Tidak Dicuci Bersih

Sudah bukan rahasia lagi jika buah dan sayuran yang belum dicuci dengan bersih tidak boleh dikonsumsi langsung. Hal ini disebabkan oleh adanya bakteri berbahaya yang menempel di kulit buah serta sayuran sehingga Ibu perlu mencucinya terlebih dahulu.

Contoh makanan tersebut yaitu apel, pir, pepaya, semangka, lobak, kacang hijau, serta beragam sayuran hijau lainnya.

4. Keju Lunak

Ibu hamil disarankan untuk menghindari beberapa keju lunak karena keju tersebut lebih basah dan berpotensi menjadi tempat ideal bagi tumbuhnya bakteri berbahaya seperti Listeria.

5. Susu yang Tidak Melalui Pasteurisasi

Pasteurisasi sendiri merupakan sterilisasi kuman melalui pemanasan pada suhu dan waktu tertentu. Susu jenis ini biasanya susu rendah lemak dengan beragam penyakit bawaan yang bisa berpengaruh kepada janin di kandungan.

6. Alkohol dan Kafein

Ibu hamil dilarang mengonsumsi alkohol dan kafein karena jika ibu hamil konsumsi itu akan mengganggu perkembangan bayi dan juga dapat mengakibatkan keguguran.

Demikian penjelasan mengenai makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Kontributor : Annisa Nur Rachmawati

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait