facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Makanan untuk Ibu Hamil, Agar Bisa Menjaga Kesehatan Ibunda dan Janin

Pebriansyah Ariefana Senin, 15 November 2021 | 11:24 WIB

5 Makanan untuk Ibu Hamil, Agar Bisa Menjaga Kesehatan Ibunda dan Janin
Ilustrasi ibu hamil (Freepik)

Berbagai makanan ini mudah mendapatkannya serta harganya pun cukup terjangkau. Akan tetapi, manfaatnya sungguh luar biasa.

SuaraSulsel.id - Ibu hamil wajib selalu mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Setiap makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan janin yang dikandung.

Maka dari itu, ibu hamil wajib mengetahui berbagai makanan yang baik dan menyehatkan untuk ibu hamil.

Berbagai makanan ini mudah mendapatkannya serta harganya pun cukup terjangkau. Akan tetapi, manfaatnya sungguh luar biasa.

Berikut daftar berbagai makanan yang baik untuk ibu hamil:

Baca Juga: Mom, Yuk Ketahui Segudang Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil!

1. Cokelat

Cokelat ternyata bisa sebagai sumber antioksidan yang dapat membentuk sistem kekebalan dan kesehatan pada ibu hamil. Selain itu, kandungan flavonoid pada cokelat juga bisa memberikan efek bahagia pada ibu dan bayi.

2. Apel dan Buah-Buahan

Apel merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil, karena mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C yang mudah larut dalam air dan pastinya juga menyehatkan tubuh. Apel juga mengandung banyak serat sehingga bisa menghindari resiko susah buang air besar.

3. Ikan atau Makanan Seafood

Baca Juga: Baik untuk Ibu Hamil, Ini 5 Makanan yang Mengandung Asam Folat

Ikan termasuk makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang tinggi. Zat ini bermanfaat untuk membantu pembentukan otak janin.

Tapi, ibu hamil harus hati-hati dengan mengonsumsi ikan terbaik. Jangan sampai mengonsumsi ikan yang tercema merkuri atau dikonsumsi dalam keadaan mentah, karena justru kadar lemaknya bisa mengganggu tubuh.

4. Susu dan Makanan dari Olahan Susu

Susu, atau makanan olahannya seperti yogurt mengandung kalsium yang tinggi yang bisa membantu dalam pembentukan tulang janin. Konsumsilah susu sesuai usia kandungan.

Kalau tidak suka minum susu, ibu hamil bisa mengakalinya dengan mencampurkan bersama sereal atau jus buah. Perpaduan nutrisinya juga pas dan pastinya bermanfaat.

5. Kacang-Kacangan

Jenis makanan kacang-kacangan contohnya adalah kacang hijau, kacang kedelai, atau juga kacang merah. Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang mengandung asam folat, protein, dan vitamin untuk ibu hamil.

Makanan ini dianjurkan untuk dikonsumsi, terutama untuk ibu hamil yang kandungannnya berusia 1-3 bulan.

Makanan Ibu Hamil

Mengolah makanan sendiri adalah salah satu cara untuk menjaga kualitas dan kesehatan bahan-bahan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut ini adalah panduan untuk mempersiapkan makanan sehat untuk ibu hamil:

  1. Cuci semua sayur dan buah yang akan dimasak agar bersih dari sisa tanah dan kotoran yang mengandung kuman, misalnya parasit toksoplasma.
  2. Simpan makanan mentah di tempat yang berbeda dengan makanan siap santap dalam lemari pendingin untuk menghindari kontaminasi kuman.
  3. Gunakan talenan yang berbeda untuk memotong daging mentah dan sayur atau buah-buahan.
  4. Masak daging mentah, telur, dan ikan hingga benar-benar matang.
  5. Cuci bersih tangan dan seluruh perlengkapan dapur yang telah digunakan untuk memotong dan mengolah makanan.
  6. Kenali dan hindari beberapa jenis makanan berbahaya untuk ibu hamil, seperti makanan mentah.

Selain mengonsumsi makanan untuk ibu hamil, ibu hamil juga perlu berolahraga secara rutin, mencukupi istirahat, menjauhi rokok dan asap rokok, menghindari minuman beralkohol, serta mengurangi stres, agar kondisi kesehatan ibu hamil, dan janin tetap terjaga.

Semoga bermanfaat.

Kontributor : Titi Sabanada

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait