facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bupati Bulukumba Berburu Babi Hutan Bersama Petani

Muhammad Yunus Senin, 08 November 2021 | 15:53 WIB

Bupati Bulukumba Berburu Babi Hutan Bersama Petani
Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf bersama Dandim 1411 Letkol CZI Dendi Rahmat Subekti serta sejumlah personil Kodim 1411 dan para warga ikut kegiatan berburu babi hutan, Minggu 8 November 2021 [KabarMakassar.com]

Berburu babi hutan yang sering makan tanaman

SuaraSulsel.id - Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf bersama Dandim 1411 Letkol CZI Dendi Rahmat Subekti serta sejumlah personil Kodim 1411 dan para warga ikut kegiatan berburu babi hutan.

Mengutip KabarMakassar.com -- jaringan Suara.com, pemberantasan hama babi hutan di Kabupaten Bulukumba juga merupakan salah satu program kerja Bupati Andi Utta dan Wakil Bupati Edy Manaf.

Bupati Muchtar menilai pemberantasan hama babi di sejumlah wilayah di Kabupaten Bulukumba dinilai penting. Karena menjadi pengganggu tanaman di Bulukumba yang akan berdampak pada produktivitas hasil pertanian dan perkebunan.

"Kenapa ini menjadi penting, karena akibatnya akan berpengaruh pada hasil perkebunannya kita," ungkap Andi Utta, Minggu 7 November 2021.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Suku Ammatoa Kabupaten Bulukumba

Sebelumnya, Bupati yang berlatar belakang pengusaha tersebut mengatakan, saat ini pemerintah tengah berupaya melakukan reformasi pertanian. Guna mensejahterakan petani di Kabupaten Bulukumba, salah satunya yakni program pemberian bibit unggul gratis kepada para petani.

"Saya ada programnya bibit unggul, tapi kalau hama babi masih banyak. Saya kira produktivitas pertaniannya kita pasti akan terhambat," tutur Bupati Muchtar.

Untuk itu Bupati mengatakan pemerintah akan selalu hadir untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat serta mencari solusi dari permasalahan tersebut, termasuk mengatasi masalah hama babi yang sudah lama meresahkan masyarakat, khususnya petani di Kabupaten Bulukumba.

Adapun hasil yang didapat selama perburuan sebanyak 7 ekor babi hutan dengan memakai alat senapan angin, tombak, dan parang.

Babi hutan merupakan hama tanaman yang seringkali dijumpai di sejumlah perkebunan di Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga: Akhirnya Warga Desa Adat Amma Toa Kajang Bulukumba Mau Membuat KTP

Umumnya, babi hutan sering menyerang pohon yang baru ditanam atau berusia muda, akibatnya pohon mengalami kerusakan bahkan mati. Sehingga membuat resah masyarakat khususnya petani, termasuk para petani di Desa Bonto Bangun Kecamatan Rilau Ale.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait