alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sejarah HUT Sulawesi Selatan Diperingati Setiap Tanggal 19 Oktober

Muhammad Yunus Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:21 WIB

Sejarah HUT Sulawesi Selatan Diperingati Setiap Tanggal 19 Oktober
Rapat paripurna peringatan HUT Sulawesi Selatan ke-352 di Kantor DPR Sulawesi Selatan, Selasa 19 Oktober 2021 [SuaraSulsel.id / Istimewa]

Sulawesi Selatan memperingati hari ulang tahun ke-352 tahun

SuaraSulsel.id - Sulawesi Selatan memperingati hari ulang tahun atau HUT ke-352 hari ini, Selasa, 19 Oktober 2021. Ternyata ada filosofi kenapa provinsi ini memperingati HUT yang ditetapkan pada 19 Oktober setiap tahunnya.

Penetapan hari jadi resmi Sulsel pada tanggal 19 Oktober sudah diatur dalam Peraturan Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan Nomor 10 Tahun 1995. Sulsel sendiri resmi terbentuk pada tahun 1669.

Zainal Basri Palaguna, Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan yang menggagasnya. Ia adalah seorang Mayor Jenderal TNI purnawirawan.

Gagasan Palaguna kemudian ditindaklanjuti dengan studi banding ke beberapa daerah dan digelarlah Tudang Sipulung atau musyawarah dalam bentuk seminar pada tanggal 18-19 Juli tahun 1995 di Ruang Pola Kantor Gubernur.

Baca Juga: DPD Pospera Sulsel Perkuat Kepengurusan Lewat Kemah Silaturahmi

Tudang sipulung tersebut dihadiri kalangan cendekiawan, tokoh masyarakat, pinisepuh, pimpinan daerah tingkat I dan tingkat II beserta sejumlah tokoh daerah, pimpinan organisasi politik dan organisasi pemuda Sulawesi Selatan.

Mereka berkumpul untuk merumuskan makna dan memperkuat sinergi masyarakat dan pemerintah dalam perannya terhadap kelanjutan pembangunan daerah ini.

Dari seminar dan tudang sipulung itu menampilkan 19 makalah utama dan makalah kunci dari Zainal Basri Palaguna. Ada pula sejumlah makalah sumbangan serta tulisan lainnya dari berbagai unsur.

Kemudian diputuskanlah rekomendasi berupa 5 rumusan usulan kepada gubernur kepala daerah tingkat I Sulawesi Selatan sesuai momentum puncak peristiwa di Sulawesi Selatan yang layak dan pantas.

Kesepakatan itu dilanjutkan gubernur kepala daerah tingkat I Sulawesi Selatan ke dalam rancangan peraturan daerah tingkat I Sulawesi Selatan untuk meminta persetujuan DPRD Sulawesi Selatan melalui mekanisme tata tertib DPRD dan melalui peraturan daerah tingkat I sulawesi selatan nomor 10 tahun 1995.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sulawesi Selatan Senin 18 Oktober 2021

DPRD tingkat I Sulawesi Selatan kemudian menyetujui dan menetapkan tanggal 19 Oktober 1669 sebagai hari jadi Sulawesi Selatan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait