alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rumah Warga Sinjai Hanyut Terkena Banjir dan Tanah Longsor Terekam Kamera

Muhammad Yunus Sabtu, 15 Mei 2021 | 07:10 WIB

Rumah Warga Sinjai Hanyut Terkena Banjir dan Tanah Longsor Terekam Kamera
Banjir dan tanah longsor di Kabupaten Sinjai menyebabkan satu rumah warga rusak / [SuaraSulsel.id / Humas Pemkab Sinjai]

Rumah warga Sinjai yang berada di pinggir sungai terekam kamera hanyut

SuaraSulsel.id - Rumah warga Sinjai yang berada di pinggir sungai terekam kamera hanyut. Terbawa longsor dan derasnya arus sungai.

Peristiwa hanyutnya rumah panggung disebut terjadi di Dusun Manubbu, Desa Pattongko, Kecamatan Singai Tengah, Jumat 14 Mei 2021.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kabupaten Sinjai sudah meninjau lokasi bencana longsor.

Peninjauan lokasi bencana longsor yang berada tepat di bahu jalan yang menghubungkan Desa Pattongko-Desa Bonto ini merupakan respon cepat Pemkab Sinjai setelah mendapat informasi tersebut.

Baca Juga: Hari Pertama Lebaran, Lima Daerah Diterjang Banjir dan Longsor

Menurut Kepala BPBD Sinjai Budiarman, informasi bencana ini awalnya diterima melalui Camat Sinjai Tengah Muh Jufri yang melaporkan adanya jalan retak, belum terjadi longsor.

Namun berselang beberapa menit kemudian terjadilah longsor sekira pukul 10:30 Wita.

Dampaknya, satu unit rumah warga bernama Muh Yusuf rusak berat setelah dua kali terdorong material longsor yang berasal dari bahu jalan yang tepat berada dibawah atau tebing jalan. Dekat sungai dengan ketinggian kurang lebih 10 meter.

"Setelah kami berada di lokasi, terjadi lagi longsor susulan di lokasi yang sama, sehingga menyebabkan rumah tersebut bergerak terbawa longsor ke bawah. Jadi dua kali longsor," ungkap Budiaman saat berada di lokasi kejadian didampingi Kadis Sosial, A. Muh Idnan.

Mengutip KabarMakassar.com -- jaringan Suara.com, perhatian Bupati Sinjai Andi Seto Asapa juga begitu besar terhadap kejadian ini. Menurut Budiaman petugas di lapangan mendapat petunjuk untuk melakukan tindaklanjut sesuai kewenangan masing-masing.

Baca Juga: Banjir Kalsel di Dua Kabupaten, Ratusan Rumah Terdampak

Salah satunya adalah membujuk pemilik rumah untuk bersedia direlokasi. Karena lokasi tempat tinggalnya memang rawan longsor dan banjir.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait