alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berisiko! Andi Sudirman Tak Mau Bangun Stadion Mattoanging Dengan Utang

Muhammad Yunus Kamis, 22 April 2021 | 14:15 WIB

Berisiko! Andi Sudirman Tak Mau Bangun Stadion Mattoanging Dengan Utang
Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman / [SuaraSulsel.id / Istimewa]

Andi Sudirman mengaku enggan berutang. Pembangunan harus dilakukan sesuai kemampuan keuangan daerah.

SuaraSulsel.id - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengaku tak mau ambil risiko. Ia sudah menggelar rapat bersama tim anggaran pemerintah daerah soal nasib Stadion Mattoanging.

"Harus kita rasional juga lah, rasionalnya adalah membangun sesuai kemampuan (keuangan) dulu. Saya tidak mau ambil resiko," kata Sudirman, Kamis, 22 April 2021.

Kondisi keuangan Pemprov Sulsel memang diketahui sedang memprihatinkan. Utang yang harus dibayar tahun ini mencapai Rp 600 miliar lebih.

Pemprov Sulsel tahun lalu juga hanya mengandalkan utang PEN tahap I dari PT SMI Rp 1,3 triliun. Anggaran itu untuk sejumlah proyek infrastrutkur.

Baca Juga: Ini Lokasi 4 Proyek Siluman Pemprov Sulsel, Jumlahnya Rp 62,5 Miliar

Andi Sudirman mengaku enggan untuk berutang lagi. Makanya, pembangunan harus dilakukan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

"Karena kondisi kita sekarang, berapa utang yang sudah dibayar. Terus saya mau ambil uang darimana? Mau utang lagi?, terus siapa yang mau tanggungjawab nantinya. Intinya, pinjam gantikan, itu tidak bisa. Sudah ada Rp 1,3 triliun (PEN) yang harus ditutupi dulu," jelasnya.

Ia mengaku jika tidak ada anggaran dan tetap dibangun, maka bisa saja mangkrak lagi di tengah jalan. Ia tidak ingin terjadi resiko seperti itu.

"Saya tidak mau ada kondisi begitu, terus saya tinggalkan, tidak jadi lagi. Saya mau bangun yang langsung bisa sekali berfungsi. Apakah tahap satu berfungsi dipakai dulu, tahap dua lagi ada uang, bangun lagi," jelasnya.

Namun, setidaknya ada beberapa opsi yang sedang dipertimbangkan untuk kembali membangun stadion yang sudah dirobohkan itu. Salah satunya dibangun dengan kapasitas yang sama seperti sebelumnya.

Baca Juga: Diberhentikan, Andi Sudirman Syok Lihat Gaji Juru Bicara Nurdin Abdullah

"Termasuk soal opsi kapasitas stadion yang dikurangi, kan kemarin juga sudah ada surat dari cagar budaya yang masuk. Kita bisa pakai kategori yang ini aja yang kita lihat ini," bebernya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait