alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Breaking News : Jemaah An Nadzir Gowa Mulai Puasa Ramadan Besok

Muhammad Yunus Sabtu, 10 April 2021 | 17:50 WIB

Breaking News : Jemaah An Nadzir Gowa Mulai Puasa Ramadan Besok
Pimpinan Jemaah An Nadzir Ustadz M Samiruddin Pademmui di Masjid Baitul Muqaddis, Sabtu 10 April 2021 / [SuaraSulsel.id / Muhammad Aidil]

Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, melakukan musyawarah di Masjid Baitul Muqaddis An Nadzir

SuaraSulsel.id - Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, melakukan musyawarah di Masjid Baitul Muqaddis An Nadzir, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu. Telah menentukan satu Ramadan 1442 Hijriah.

Berdasarkan hasil keputusan musyawarah, maka jemaah An Nadzir memutuskan untuk mulai berpuasa Ramadan besok, Minggu 11 April 2021.

"Kita mengambil suatu keputusan bahwa mulai besok itu kita sudah mulai puasa dengan niat menyambut datangnya Ramadan 1442 Hijriah," kata Pimpinan Jemaah An Nadzir Ustadz M Samiruddin Pademmui di Masjid Baitul Muqaddis, Sabtu 10 April 2021.

Samiruddin menjelaskan sebelum mengambil keputusan untuk memulai puasa ini memang sempat terjadi perdebatan antara tim. Hal ini dikarena adanya perbedaan pendapat.

Baca Juga: Ramadan Tiba, Ingat 3 Hal Ini agar Lancar Puasa Sebulan Penuh

Meski begitu, kata Samiruddin, keputusan final jemaah An Nadzir untuk berpuasa tetap berdasarkan hasil musyawarah bersama. Sehingga, An Nadzir akan tetap mulai berpuasa besok.

"Sebenarnya itu biasa dalam forum musyawarah. Memang ada hal yang mungkin sedikit berbeda. Saya kira itu wajar saja. Yang jelas setelah kita mendengarkan semuanya bersama, yang namanya musyawarah keputusan terakhir. Dalam hal ini kami yang diamanahkan untuk mengambil keputusan," jelas Samiruddin.

Samiruddin mengungkapkan dalam menentukan keputusan satu Ramadan ini, pihaknya memang menggunakan beberapa parameter untuk dapat mengetahui awal Ramadhan.

Pertama, jemaah An Nadzir tetap mengacu pada hadis Nabi Muhammad SAW agar mengetahui bulan Syaban. Yaitu bulan dimana nabi memperbanyak berpuasa.

"Untuk mengetahui awal Ramadan itu dari bulan Syaban. Untuk mengetahui bulan Syaban itu dari bulan Rajab. Itu yang kedua ya," ujar Samiruddin.

Baca Juga: Antusias Sambut Ramadan, Mesut Ozil Tegaskan Bangga Jadi Muslim

Samiruddin menjelaskan dalam melaksanakan pemantauan bulan, yang utama untuk dipantau jemaah An-Nadzir adalah menentukan tiga purnama. Yaitu, purnama ke-14, 15 dan purnama ke-16.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait