alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Joe Biden: Amerika Siap Memimpin Dunia

Muhammad Yunus Kamis, 26 November 2020 | 09:43 WIB

Joe Biden: Amerika Siap Memimpin Dunia
Calon Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden memberi isyarat ketika dia tiba di atas panggung untuk berbicara kepada para pendukung pada malam pemilihan di Chase Center di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, pada awal 4 November 2020. [Roberto SCHMIDT / AFP]

Orang-orang yang dipilih Biden menunjukkan keragaman

SuaraSulsel.id - Presiden terpilih Joe Biden tetap melanjutkan proses transisi, meskipun Presiden Donald Trump belum mengakui kemenangan Biden.

Biden pun mengumumkan anggota kunci dari kebijakan luar negeri dan tim keamanan nasionalnya.

“Ini adalah tim yang mencerminkan fakta bahwa Amerika telah kembali, siap memimpin dunia, bukan mundur. Kembali memimpin perundingan."

Jika dikonfirmasi oleh Senat, dua mantan pejabat Departemen Luar Negeri, yang menjabat semasa pemerintahan Obama, akan memegang jabatan tertinggi diplomatik.

Baca Juga: Selamat Jalan Legenda Sepakbola, Diego Maradona...

Antony Blinken, mantan wakil menteri luar negeri, adalah pilihan Biden untuk memimpin Departemen Luar Negeri.

Linda Thomas-Greenfield, mantan asisten menteri luar negeri untuk urusan Afrika akan menjadi duta besar Amerika untuk PBB.

"Amerika kembali, multilateralisme kembali, diplomasi kembali.”

Keyakinan Biden pada aliansi bersejarah dan multilateralisme menandakan penyimpangan dari doktrin "America First" Presiden Donald Trump, kata John Hudak dari Brookings Institution.

“Dia (Biden) ingin memulihkan kepercayaan orang Amerika dan para pemimpin di seluruh dunia terhadap pemerintahan Amerika. Dia merasa pemerintahan Trump benar-benar hancur dalam beberapa tahun ini. Jadi, pesan itu penting bagi para pemimpin dunia yang banyak di antaranya, di luar diktator dan penguasa lalim, benar-benar mengalami kesulitan ketika bekerja sama dengan pemerintahan yang berkuasa.”

Baca Juga: Kenangan Diego Maradona dengan Prabowo, Minta Kalahkan Jokowi di Pilpres

Orang-orang yang dipilih Biden di kabinetnya juga menunjukkan keragaman.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait