Muhammad Yunus
Hitung cepat Survei Lingkaran Survei Indonesia Pilkada Makassar sampai Pukul 15.00 Wita suara yang masuk sudah 56 persen

SuaraSulsel.id - Hitung cepat atau quick count Pilkada Makassar sementara berlangsug. KPU Makassar sudah merilis 10 lembaga survei yang bisa melakukan hitung cepat.

Survei Lingkaran Survei Indonesia sampai Pukul 15.00 Wita suara yang masuk sudah 56 persen. Dengan mencatat Pasangan Calon Nomor Urut 1 Mohammad Ramdhan Pomanto - Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) unggul.

Pasangan Danny-Fatma meraih suara 40,91 persen. Menyusul Munafri Arifuddin - Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman) 33,84 persen, Syamsu Rizal - Fadli Ananda 20,40 persen, dan Irman Yasin Limpo - Andi Zunnun 4,85 persen.

Perhitungan ini masih data sementara dari LSI. Masih menunggu sampai data masuk 100 persen.

Baca Juga: Semua Pasangan Calon di Pilkada Makassar Akan Menggugat ke MK

Juru Bicara Appi-Rahman Fadly Noor mengatakan hasil quick count baru beberapa persen. Penghitungan suara juga masih berlangsung di beberapa titik.

Pihaknya optimis bisa menyalip posisi Adama', apalagi hanya selisih berapa persen. Mereka tak ingin berkecil hati.

"Suara yang masuk belum 90 persen. Masih panjang. Penghitungan suara juga belum rampung," kata Fadly.

Fadly juga mengaku hanya KPU yang berhak mengumumkan hasil Pilkada secara resmi. KPU sendiri diketahui akan mengumumkan secara resmi real count pada 9-15 Desember.

KPU juga menerapkan Sistem Rekapitulasi Secara Elektronik (Sirekap/e-Rekap) sebagai alat bantu dan publikasi hasil perhitungan dan rekapitulasi suara.

Baca Juga: 10 Lembaga Survei Ini Akan Hitung Cepat Hasil Pilkada Makassar

Komisioner KPU Hasyim Asyari mengatakan data hitung cepat KPU dalam web ini berbasis dari aplikasi Sirekap yang digunakan.

Komentar