Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sudah Putus Asa Untuk Kuliah, Anak Pedagang Kerupuk Lolos Program Beasiswa 1 Miliar Karena Mahir IT

Muhammad Yunus Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:34 WIB

Sudah Putus Asa Untuk Kuliah, Anak Pedagang Kerupuk Lolos Program Beasiswa 1 Miliar Karena Mahir IT
Islam Nurul Yaqin, remaja asal Tasikmalaya Jawa Barat yang kerap disapa Islam [SuaraSulsel.id/Dokumentasi SEVIMA]

Biaya kuliah yang tinggi membuat Islam tak ingin membebani orang tua

SuaraSulsel.id - Islam Nurul Yaqin, remaja asal Tasikmalaya Jawa Barat yang kerap disapa Islam ini, sebelumnya mengaku sudah tak berharap untuk bisa kuliah seperti teman-temannya.

Biaya kuliah yang tinggi membuat Islam tak ingin membebani Iyun, sang ayah, yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang kerupuk keliling.

“Saya sudah sempat mendaftar di Kampus Negeri dan diterima. Namun berat untuk mengambilnya karena dagangan ayah juga kian menurun setelah Pandemi COVID-19,” kenang Islam dalam Penganugerahan Beasiswa SEMESTA di Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Rabu (10/08/2022) pagi.

Acara dihadiri oleh CEO PT. Sentra Vidya Utama Sugianto Halim MMT dan Para Menteri serta Pejabat Tinggi Negara secara virtual.

Baca Juga: Beasiswa BRI 2022 Dibuka, Catat Syarat dan Cara Daftarnya

Namun kegigihannya untuk berkuliah tak pernah memadamkan semangat Islam. Ia mengikuti rangkaian seleksi Beasiswa SEMESTA secara diam-diam tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Selama proses seleksi, Islam menunjukkan keahliannya dalam membuat aplikasi dan menginstalnya ke server online (docking) hanya dalam waktu semalam. Biasanya, proses menginstal suatu aplikasi online bisa berlangsung hingga berbulan-bulan.

Kemahirannya di bidang IT membuat Islam menjadi salah satu dari 50 pemenang Beasiswa SEMESTA. Beasiswa ini memberi kesempatan untuk berkuliah pada jurusan di Teknik Informatika (IT) di kampus seluruh Indonesia yang telah bekerjasama dengan SEVIMA, senilai total 1 miliar Rupiah.

Sambil kuliah, pemenang juga akan mendapatkan kesempatan berkarya dan digaji oleh Education Technology SEVIMA (PT. Sentra Vidya Utama).

“Saya memilih berkuliah di Sistem Informasi Binus University. Jadi dengan Beasiswa SEMESTA ini, saya sambil kuliah, sambil bantu-bantulah kerja buat keluarga,” ungkap Islam.

Baca Juga: Prospek Kerja Teknik Informatika, Lagi Banyak Dicari di Era Ponsel Serba Canggih

Kenal IT Berawal dari Jaga Warnet Milik Saudara

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait