facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menjawab Teka Teki Kemana Suara Menteri Dalam Pemilihan Rektor Unhas Periode 2022-2026

Muhammad Yunus Kamis, 27 Januari 2022 | 18:05 WIB

Menjawab Teka Teki Kemana Suara Menteri Dalam Pemilihan Rektor Unhas Periode 2022-2026
Mendikbudristek diwakili oleh Kepala Biro SDM Dyah Ismayanti memberikan 9 suara saat Pemilihan Rektor Unhas, Kamis 27 Januari 2022 [SuaraSulsel.id/DKSR Unhas]

Pemilihan Rektor Unhas periode 2022-2026 telah digelar

SuaraSulsel.id - Pemilihan Rektor Unhas periode 2022-2026 telah digelar di Kampus Unhas, Kamis 27 Januari 2022. Dimana Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas Prof Jamaluddin Jompa meraih 11 suara. Prof Budu 9 suara, dan Prof Farida Patittingi 5 suara.

Menjadi pertanyaan publik, kemana dukungan suara Mendikbudristek Nadiem Makarim diberikan.

Sesuai ketentuan, Mendikbudristek memiliki bobot sebesar 35 persen. Dari jumlah total suara, atau setara dengan 9 suara. Panitia menyerahkan 9 lembar kertas suara kepada menteri.

Mendikbudristek yang diwakili oleh Kepala Biro SDM Dyah Ismayanti selanjutnya memberikan suara pada masing-masing kertas suara secara tertutup.

Baca Juga: Profil Jamaluddin Jompa Rektor Unhas Terpilih Periode 2022 - 2026 dan Rencana Majukan Unhas

Selanjutnya, 16 Anggota Majelis Wali Amanat atau MWA yang memiliki masing-masing 1 suara. Memberikan suara di bilik tertutup.

Hasil pemilihan berdasarkan nomor urut calon adalah Prof. Dr. Farida Patittingi, memperoleh 5 suara. Prof Budu memperoleh 9 suara. Prof Jamaluddin Jompa memperoleh 11 suara.

Dari angka tersebut muncul beberapa spekulasi. Pertama, sembilan suara Menteri diberikan semua ke Prof Budu. Namun Prof Budu tidak mendapatkan satu dukungan pun dari Anggota MWA lain.

Kedua, sembilan suara menteri diberikan ke Jamaluddin Jompa. Ditambah dua suara dari Anggota MWA lain. Sehingga mengumpulkan 11 suara.

Prof Jamaluddin Jompa meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Rektor Unhas, Kamis 27 Januari 2022 [SuaraSulsel.id/DKSR Unhas]
Prof Jamaluddin Jompa meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Rektor Unhas, Kamis 27 Januari 2022 [SuaraSulsel.id/DKSR Unhas]

Ketiga, suara menteri dibagi rata ke setiap calon. Sehingga setiap calon mendapatkan 3 suara. Namun 16 suara Anggota MWA lain terpecah. Tapi lebih banyak mendukung Jamaluddin Jompa.

Baca Juga: Ketua MWA: Pemilihan Rektor Unhas Demokratis, Tidak Ada Intervensi

Dalam pemilihan hari ini semua suara sah. Sehingga tidak ada suara yang batal atau tidak mendukung calon.

Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Hasanuddin telah menggelar Rapat Paripurna Terbuka dalam rangka Pemilihan Rektor Unhas Periode 2022-2026.

Rapat dipimpin Ketua MWA Unhas, Komjen Pol (Purn) Sjafruddin, berlangsung mulai pukul 10.30 WITA, pada Kamis (27/1), di Ruang Rapat Senat, Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas.

Seluruh anggota MWA yang berjumlah 19 orang menghadiri rapat adalah Jusuf Kalla sebagai Ketua IKA Unhas, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) yang diwakili oleh Kepala Biro SDM Dyah Ismayanti, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Chairul Tanjung, dan Sofyan Wanandi, Rektor Unhas, Ketua Senat Akademik, serta anggota MWA lain.

Turut hadir pula sejumlah mantan Rektor Unhas, wakil rektor, dekan, dan pimpinan lembaga di lingkup Unhas. Rapat juga dapat disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube Universitas Hasanuddin.

Pemilihan Rektor Unhas Periode 2022-2026 diawali dengan pemaparan kertas kerja oleh masing-masing Calon Rektor. Kemudian dilanjutkan dengan pendalaman oleh anggota MWA. Pemaparan kertas kerja dipandu oleh Prof Irawan Jusuf, selaku moderator.

Setelah itu, dilanjutkan dengan proses pemungutan suara, yang diawali oleh penjelasan tentang tata tertib pemungutan suara oleh Prof Indriyanti Sudirman.

Kesempatan pemungutan suara pertama kali diberikan kepada Mendikbudristek yang diwakili oleh Kepala Biro SDM.

Jamaluddin Jompa, ditetapkan sebagai Rektor Unhas Terpilih Periode 2022-2026.

Prof Jamaluddin Jompa meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Rektor Unhas, Kamis 27 Januari 2022 [SuaraSulsel.id/DKSR Unhas]
Prof Jamaluddin Jompa meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Rektor Unhas, Kamis 27 Januari 2022 [SuaraSulsel.id/DKSR Unhas]

Ketua MWA Unhas selanjutnya membacakan Berita Acara Hasil Pemungutan Suara, dan Berita Acara Pengesahan.

Dalam sambutannya, Ketua MWA Unhas, mengatakan bahwa proses pemilihan telah berlangsung dengan sangat baik. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia seleksi, dan kepada masing-masing Calon Rektor yang telah berikhtiar untuk membesarkan Universitas Hasanuddin.

“Hasil pemilihan ini adalah hasil yang obyektif, tidak ada intervensi dari pihak manapun. Saya selalu mengatakan, kita akan memilih berdasarkan pemikiran dan hati nurani. Kepentingan dan perjuangan kita adalah membesarkan Unhas menjadi World Class University. Kita tidak memperjuangkan orang dan kelompok. Kepentingan kita adalah untuk masa depan Unhas,” kata Sjafruddin.

Pemilihan Rektor Unhas Periode 2022-2026 merupakan tahap ketujuh dari seluruh rangkaian pemilihan. Tahapan terakhir, yaitu Pelantikan Rektor Unhas Periode 2022-2026 dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 28 April 2022 oleh Majelis Wali Amanat.

Rapat Paripurna Terbuka MWA Unhas untuk Pemilihan Rektor Unhas Periode 2022-2026 ini dipandu oleh Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah dan berakhir pukul 14.30 WITA.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait