facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perusahaan Teknologi Rintisan eFishery Ambil Alih Pengelolaan Tambak Udang Lokal

Muhammad Yunus Kamis, 20 Januari 2022 | 15:56 WIB

Perusahaan Teknologi Rintisan eFishery Ambil Alih Pengelolaan Tambak Udang Lokal
Tambak Udang Vaname [Istimewa]

Perusahaan teknologi rintisan di sektor perikanan eFishery

SuaraSulsel.id - Perusahaan teknologi rintisan di sektor perikanan eFishery. Mengambil alih tambak udang lokal yang sudah tak lagi produktif. Kemudian merevitalisasinya dengan pendekatan teknologi digital. Untuk dimaksimalkan produktivitasnya lalu diekspor.

"Beberapa area lokasi tambak yang kurang produktif itu dikerjasamakan dengan kami, supaya kami menggunakan teknologi digital. Berdasarkan data untuk mengoptimalisasi kembali, revitalisasi lagi produktivitas di lahan itu," kata CEO eFishery Gibran Huztaifah dalam acara Bincang Bahari, Kamis 20 Januari 2022.

Gibran mengatakan eFishery telah menjadikan kegiatan tersebut suatu model yang direplikasi di tempat lain. Untuk mengoptimalkan produktivitas tambak udang. Beberapa daerah yang sudah dilakukan revitalisasi tambak udang seperti di Lampung dan Subang.

"Dan itu terbukti berjalan dengan cukup baik, kami mereplikasi model ini di area yang masih baru. Kita sudah tahu dengan SOP yang kita punya kita bisa membuat lahan budidaya proses tambak yang ideal dan sustainable," kata Gibran.

Baca Juga: Fishtival, Cara Unik eFishery Ajak Masyarakat Makan Ikan di Hari Ikan Nasional

Dia mengemukakan eFishery mengimplementasi teknologi digital. Dalam proses budidaya udang. Mulai dari pakan, data input, rekomendasi probiotik dan sebagainya.

Model tersebut sudah menjadi satu paket yang bisa langsung diterapkan di daerah lain.

Dari hasil produksi tambak udang tersebut kemudian diekspor ke luar negeri berkat jaringan pasar internasional yang sudah dibangun oleh eFishery.

"Dan di situ karena kami juga sudah punya link untuk ke market ekspor, kami hubungkan itu ke market ekspor yang sudah kami bangun," katanya.

Startup sektor agritech eFishery mendapatkan suntikan dana sebesar 90 juta dollar AS dari berbagai perusahaan global maupun dalam negeri seperti Temasek, SoftBank Vision Fund 2, Sequoia Capital India, hingga perusahan ventura dalam negeri seperti Northstar Group dan Go-Ventures.

Baca Juga: Startup Akuakultur Makin Bersinar, Budidaya Ikan Raih Untung Tiga Kali Lipat

Gibran mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk membangun ekosistem industri perikanan Indonesia. Mulai dari sisi hulu yaitu untuk membuat suatu produk, membangun teknologi pembudidayaan perikanan, akses pembiayaan, dan pengembangan pakan.

Selanjutnya di sektor hilir eFishery juga akan membangun rantai bisnis seperti rantai distribusi, rantai pasok, hingga membangun jaringan pasar ekspor. (Antara)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait