facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Unik! Semua Anggota YHT di Indonesia Selalu Makan Ikan Serentak Setiap Rayakan Ulang Tahun

Muhammad Yunus Senin, 17 Januari 2022 | 20:12 WIB

Unik! Semua Anggota YHT di Indonesia Selalu Makan Ikan Serentak Setiap Rayakan Ulang Tahun
Yayasan Hang Tuah (YHT) punya tradisi makan ikan bersama serentak. Setiap kali memperingati hari ulang tahun [SuaraSulsel.id/ Foto Rusdin Tompo]

Tradisi makan ikan bersama serentak

SuaraSulsel.id - Yayasan Hang Tuah (YHT) punya tradisi makan ikan bersama serentak. Setiap kali memperingati hari ulang tahunnya.

Pada peringatan HUT ke-75, tahun 2022 ini, Yayasan Hang Tuah juga mengadakan makan ikan serentak seluruh Indonesia live dari YHT Cabang Surabaya.

Makan ikan bersama serentak ini bertema "Generasi Makan Ikan Melahirkan Generasi Sehat dan Cedas Menuju Indonesia Tangguh". Ayo Makan Ikan!

Di Makassar, acara makan ikan bersama YHT dipusatkan di Gedung Salemo SMA Hang Tuah, Jalan Serdako Usman Ali, Kecamatan Ujung Tanah, Senin, 17 Januari 2022.

Baca Juga: Polres Asahan Obok-obok Lokasi Judi Tembak Ikan, Begini Hasilnya

Acara yang dimulai pukul 09.30 Wita itu, diikuti oleh Anggota Pengawas YHT Cabang Makassar, Pengurus YHT Cabang Makassar, Pengurus Korcab VI Daerah Jalasenastri (DJA) II, dan Kepala Satuan Pendidikan (Kasatdik), mulai TK sampai SMA. Acara juga dihadiri perwakilan guru-guru dan siswa.

Selain acara makan ikan bersama serentak di Gedung Salemo, di SD Hang Tuah juga diadakan makan ikan bersama oleh murid-murid kelas 1-6. Orang tua siswa yang tergabung dalam PuSPA (Paguyuban Orangtua Siswa Peduli Anak) juga berpartisipasi.

Yayasan Hang Tuah (YHT) punya tradisi makan ikan bersama serentak. Setiap kali memperingati hari ulang tahun [SuaraSulsel.id/Rusdin Tompo]
Yayasan Hang Tuah (YHT) punya tradisi makan ikan bersama serentak. Setiap kali memperingati hari ulang tahun [SuaraSulsel.id/ Foto Rusdin Tompo]

Alasan Makan Ikan

Kepala SD Hang Tuah, Arpin, di hadapan murid-muridnya menyampaikan. Tujuan acara ini membiasakan anak-anak sejak dini makan ikan.

Karena ikan itu merupakan sumber nutrisi yang tidak ada dampaknya. Tidak akan kolesterol atau mengalami tekanan darah tinggi kalau banyak makan ikan.

Baca Juga: Pasokan Dari Nelayan Berkurang Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan Melambung Hingga 100 Persen

Arpin menuturkan, di sekolahnya kegiatan makan ikan bersama merupakan agenda rutin setiap hari Rabu. Anak-anak memang diedukasi untuk selalu membawa bekal sehat saat ke sekolah, di antaranya penganan berbahan ikan.

Acara makan ikan di SD Hang Tuah dipimpin oleh Sulis Wati'ah, Wakil Kepala Sekolah SD Hang Tuah Bidang Kurikulum dan Sarana Prasara. Ikan yang dimakan antara lain, ikan merah, katamba, lamuru, dan cepa. Ikan dibakar langsung di sekolah, dekat parkiran, oleh Pak Andarias, Pak Akhmad Akbar, Pak Fahru Rozy, Pak Imran, dan Pak Sabil.

Sebelum makan, anak-anak diajak bernyanyi dan bermain up and down oleh Ilyati Permatasari, Mereka juga diajak berdoa bersama sebelum makan.

Wali kelas 4B, Idawati, mengungkapkan dari kelasnya yang ikut acara ini sebanyak 25 anak. Katanya, mereka antusias kalau diajak makan ikan bersama, termasuk orang tuanya.

Ibu Kasmayanti, orang tua dari Keila Angelika Putri, menyampaikan bahwa anaknya membawa ikan goreng. Karena dia tidak suka kalau ikannya dibumbui. Tapi cukup digoreng dan diberi kecap.

Ikan yang dibawa anak-anak beragam. Aska Andana Syam, kelas 3A, membawa ikan mairo, yang digoreng ibunya. Lain lagi dengan Syarif Alfan, kelas 3A, yang membawa ikan bakar. Namun dia tidak tahu nama ikannya. Sedangkan, Khaidir Rizkullah, kelas 4B, membawa ikan katamba goreng.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait