facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Andi Sudirman Lihat Kondisi Pengungsi di Pulau Bonerate Selayar

Muhammad Yunus Minggu, 19 Desember 2021 | 15:19 WIB

Andi Sudirman Lihat Kondisi Pengungsi di Pulau Bonerate Selayar
Pulau Bonerate, Selayar, Sulawesi Selatan, Minggu 19 Desember 2021 [SuaraSulsel.id/Istimewa]

Pulau Bonerate, Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar

SuaraSulsel.id - Tiba di Pulau Bonerate, Kecamatan Pasimarannu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman langsung ke Rumah Camat Pasimarannu menggunakan sepeda motor, Minggu (19/12/2021).

Andi Sudirman bersama rombongan menggunakan helikopter Super Puma milik TNI Angkatan Udara tiba di Selayar sekitar pukul 12.00 Wita.

Sudirman bersama Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, Bupati Selayar Muhammad Basli Ali, dan Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Jarwansah.

Plt Gubernur Sulsel mengunjungi Pulau Bonerate di Kecamatan Pasimarannu yang menjadi salah satu Kecamatan di Selayar yang terdampak parah. Akibat gempa magnitudo 7,4 yang berpusat di Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa 14 Desember 2021.

Baca Juga: Warga Selayar Korban Gempa Bumi Masih Bertahan di Pengungsian

Pengungsi akibat gempa di Pulau Bonerate, Selayar, Sulawesi Selatan, Minggu 19 Desember 2021 [SuaraSulsel.id/Istimewa]
Pengungsi akibat gempa di Pulau Bonerate, Selayar, Sulawesi Selatan, Minggu 19 Desember 2021 [SuaraSulsel.id/Istimewa]

Camat Pasimarannu Samsil melaporkan kondisi terakhir pasca bencana gempa yang terdampak di wilayah kecamatannya.

"Data kerusakan akibat gempa di Kecamatan Pasimarannu sebanyak 768 rumah. Diantaranya 203 rusak berat dan 565 rusak ringan. Bangunan fasilitas pemerintah yang rusak, antara lain dermaga besar pelabuhan dan dermaga tambatan perahu di Lambego. Untuk sarana umum yang rusak, yakni masjid raya dan sekolah," sebutnya.

Di lokasi, Andi Sudirman menyerahkan kepada Bupati Selayar berupa bantuan keuangan untuk penanggulangan bencana. Senilai Rp8 miliar.

Dirinya berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sesuai peruntukannya. Khususnya untuk kedaruratan dampak bencana Selayar.

"Kita harap bantuan ini dapat digunakan untuk upaya pemulihan dan kedaruratan kepada korban terdampak gempa. Juga kita harap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dapat melakukan sistem penganggaran yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat serta dapat dipertanggungjawabkan secara tepat dan akuntabel," tuturnya.

Baca Juga: Ngeri! Begini Penampakan Kepulauan Selayar Sulsel usai Digoyang Gempa

Diketahui, akibat gempa itu, ratusan rumah rusak, rumah ibadah, sekolah dan infrastruktur lainnya juga rusak di Kabupaten Kepulauan Selayar. Ada empat kecamatan yang terdampak atas gempa tersebut yakni, Kecamatan Takabonerate, Kecamatan Pasilambena, Kecamatan Pasimarannu, dan Kecamatan Passimasunggu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait