facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PT SPN Tanam Eboni, Pohon Penghasil Kayu Hitam Khas Sulawesi

Muhammad Yunus Selasa, 23 November 2021 | 12:52 WIB

PT SPN Tanam Eboni, Pohon Penghasil Kayu Hitam Khas Sulawesi
Penanaman pohon oleh PT Sinergi Perkebunan Nusantara dan Dinas Kehutanan Sulawesi Tengah [SuaraSulsel.id/Istimewa]

Usia kayu eboni dapat mencapai 50 tahun dan saat ini sangat sulit menemukannya di hutan Sulawesi

SuaraSulsel.id - PT Sinergi Perkebunan Nusantara (SPN). Anak perusahaan PTPN XIV dan PTPN IV, bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah mengadakan Kegiatan Penyaluran Bibit Tanaman Produktif Dan Penghijauan Lingkungan CSR (Corporate Social Responsibility) pada Senin-Selasa, (22-23/11) bertempat di PT SPN dan lingkungan desa sekitarnya.

Adapun yang hadir pada pelaksanaan kegiatan yakni Direktur PT SPN Misran, Kepala Dinas Kehutanan Sulawesi Tengah Nahardi, SEVP Operation Musfachruddin, dan beberapa kepala desa dan peserta dari masyarakat desa sekitar.

Direktur PT SPN Misran menyampaikan jumlah bibit yang akan disalurkan ada sekitar 15.000 batang. Dengan jenis bibit diantaranya durian montong, pala, nantu, apokat, kemiri manohara, dan ketapang kencana.

"Untuk diawal ini ada dua tahap, tahap pertama kita akan bagikan 15 ribu batang yang diserahkan di 8 desa sekitar. Kemudian 15 ribu batang lainnya di akhir Desember atau awal Januari 2022," jelasnya.

Baca Juga: Penimbun Solar di Sulawesi Utara Dibekuk Petugas

Ia menambahkan bahwa sejak berdirinya PT SPN, kegiatan CSR untuk pembagian bibit kehutanan baru kali pertama dilaksanakan, penyerahan bibit ini demi kepentingan kehutanan daerah dan masyarakat sekitar.

Ide awal kegiatan terlaksana karena menyadari di Sulawesi ini banyak industri penghasil karbon. Tanpa dibarengi dengan reboisasi hutan. Sebagai penyerapan karbon. Maka akan menambah pemanasan regional maupun global dan polusi udara.

"Negara kita menempati urutan ketiga dengan hutan terluas di dunia. Karena hal tadi ada upaya untuk menanggulangi deforestation, menciptakan dan membuat hutan baru untuk mengurangi emisi karbon. Sehingga karbon berlebih yang juga bisa menyebabkan terjadi kebanjiran dan pemanasan global bisa kita minimalisir,” ujar Misran.

Tanam Pohon Eboni

Hal yang unik adalah akan ditanam juga pohon eboni, pohon penghasil kayu hitam khas Sulawesi yang hampir punah. Usia kayu eboni dapat mencapai 50 tahun dan saat ini sangat sulit menemukannya di hutan Sulawesi. Penanaman ini akan dilakukan secara simbolis di kantor PT SPN.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sulawesi Selatan Senin 22 November 2021

Selanjutnya, PT SPN akan berupaya terus berkontribusi sebagai tanggung jawab sosial terhadap masyarakat sekitar. Harapannya bukan hanya PT SPN yang melakukan kegiatan seperti ini, tetapi bisa memotivasi orang lain walau dengan hal kecil untuk bisa berkontribusi pada lingkungan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait