alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

World Super Bike Mandalika Manfaatkan Energi Baru Terbarukan

Muhammad Yunus Minggu, 21 November 2021 | 18:16 WIB

World Super Bike Mandalika Manfaatkan Energi Baru Terbarukan
Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Sengkol di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat [SuaraSulsel.id/KSP]

Penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat

SuaraSulsel.id - Penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat memanfaatkan pasokan listrik dari Sistem Kelistrikan Lombok dengan daya tersambung 5,19 MVA.

Pasokan listrik tersebut diantaranya bersumber dari tenaga surya, yang dihasilkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Sengkol di Lombok Tengah. Berjarak kurang dari 15 KM dari Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Dalam verifikasi lapangan di Lombok Tengah kami ingin memastikan bahwa energi terbarukan sudah dipakai. Sebagai bauran energi untuk mendukung World Super Bike. Sesuai komitmen pemerintah dalam menanggulangi dampak perubahan iklim. Kami menemukan hal itu sudah dilakukan. Salah satunya dari PLTS Sengkol dimana dapat mencapai 5,4 MW listrik yang masuk ke grid dan memasok KEK Mandalika melalui GI Sengkol dan GI Kuta," ujar Tenaga Ahli KSP Ferdy Alfarizka Putra, Jumat 19 November 2021.

Pada Sistem Lombok terdapat 39,6 MW pembangkit Energi Baru Terbarukan, dimana salah satunya adalah PLTS Sengkol yang berada diantara Bandara International Lombok dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Baca Juga: Gagal Jadi Juara Dunia, Jonathan Rea Menangi Race 2 World Superbike Mandalika

Lasiran, General Manager Unit Induk Wilayah NTB, mengatakan PLN memiliki kerjasama 5 MVA untuk mendukung area sirkuit Mandalika, bahkan sebenarnya sistem PLN dapat memasok hingga 90 MVA tanpa masalah ke KEK Mandalika.

"Energi tenaga surya serta energi terbarukan lain juga disiapkan untuk penyelenggaraan Motto GP bulan Maret 2022," katanya.

Lombok memiliki potensi besar untuk energi surya. Karena intensitas radiasi cahaya dan durasi yang cenderung lebih baik dibanding di Khatulistiwa atau daerah Indonesia lainnya. Saat ini Lombok memilki 4 PLTS dengan total pasokan listrik sebesar 22,3 MW.

Desa wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat [SuaraSulsel.di/KSP]
Desa wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat [SuaraSulsel.di/KSP]

45 Desa Wisata Lombok

Lombok memiliki 500 potensi desa wisata di berbagai wilayah. 45 diantaranya sudah siap menyambut wisatawan dari gelaran World Super Bike (WSBK) di Mandalika.

Baca Juga: Viral Aksi Bocil Bugil Lakukan Gerakan Push Up di Sirkuit Mandalika, Publik Gemas Lihatnya

“Presiden mendorong agar desa memiliki daya ungkit ekonomi dengan mengangkat potensi masing-masing, termasuk pariwisata. Nah dalam verifikasi lapangan yang di lakukan di Lombok tengah, kami melihat hal ini sudah berjalan sesuai arahan Presiden. Kunjungan ke desa wisata meningkat tajam, yang pastinya akan menggerakkan ekonomi masyarakat desa," kata Albertien Enang Pirade, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), dalam verifikasi lapangannya ke Desa Ende, Jumat (19/11).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait