facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gerebek Vaksinasi Kabupaten Gowa Sasar Posyandu di Pedesaan

Muhammad Yunus Jum'at, 05 November 2021 | 06:00 WIB

Gerebek Vaksinasi Kabupaten Gowa Sasar Posyandu di Pedesaan
Warga antre di kegiatan vaksinasi Desa Kalemandalle, Kecamatan Bajeng Barat, Gowa, Kamis 4 November 2021 [SuaraSulsel.id/Istimewa]

PKK Kabupaten Gowa mendukung penuh upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19

SuaraSulsel.id - Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa mendukung penuh upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Gerebek Vaksinasi. Menyasar Posyandu di wilayah Kabupaten Gowa.

"Gerebek vaksinasi ini dilaksanakan di desa-desa yang menjadi lokus dengan cakupan vaksinasi yang cukup rendah di Kabupaten Gowa. Jadi desa - desa ini diberikan kesempatan untuk meningkatkan cakupan vaksinasinya agar dapat segera mencapai herd immunity," ujar Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan saat ditemui usai memantau langsung kegiatan vaksinasi di Desa Kalemandalle, Kecamatan Bajeng Barat, Kamis 4 November 2021.

Selain memantau kegiatan vaksinasi, Priska Adnan juga menyempatkan melakukan monitoring evaluasi data Posyandu.

Baca Juga: Gowa Akan Maksimalkan Testing Covid-19 Setelah Dapat Bantuan Alat PCR

Adapun desa-desa yang dilakukan gerebek vaksinasi dan Monev Posyandu yakni Desa Pa'bentengang Kecamatan Bajeng, Desa Bone Kecamatan Bajeng dan juga Desa Kalemandalle Kecamatan Bajeng Barat.

"Kalau monitoring Posyandu itu memang selain dari Tim Penggerak PKK Kabupaten, ini juga diadakan monitoring Posyandu per bulan dan berjenjang," terangnya.

Menurut Priska, penjenjangan Monev Posyandu ini dimulai dari tingkat desa dengan memeriksa buku administrasi perbulan, kemudian tingkat kecamatan sebanyak 3 kali setahun dan tingkat kabupaten 1 kali dalam setahun.

"Pemeriksaan buku Posyandu itu, administrasinya secara berjenjang jadi nantinya akan lebih meningkat akurasi dari data-data posyandu yang ada," sambung Bunda PAUD Kabupaten Gowa ini.

Menurutnya, kader Posyandu itu harus lebih diingatkan lagi untuk melayani dengan hati, harus bisa lebih peduli dan bertanggungjawab dengan data yang mereka lampirkan agar capaian Posyandu tersebut dapat sesuai yang diharapkan.

Baca Juga: BMKG: Waspada Petir di Takalar, Gowa, Pangkep, dan Jeneponto

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan berharap data cakupan vaksinasi Covid-19 di Sulawesi Selatan yang dimiliki pemerintah kabupaten, dan kota serta pemerintah provinsi bisa disinkronkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait