facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gowa Akan Maksimalkan Testing Covid-19 Setelah Dapat Bantuan Alat PCR

Muhammad Yunus Kamis, 04 November 2021 | 20:17 WIB

Gowa Akan Maksimalkan Testing Covid-19 Setelah Dapat Bantuan Alat PCR
Pemerintah Kabupaten Gowa akan memaksimalkan testing Covid-19. Setelah menerima bantuan Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Mico Biomed melalui PT. Langit Pandu Anugrah, Kamis 4 November 2021 [SuaraSulsel.id/Istimewa]

Alat PCR yang diterima hasilnya dapat keluar dalam 1 jam

SuaraSulsel.id - Pemerintah Kabupaten Gowa akan memaksimalkan testing Covid-19. Setelah menerima bantuan Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Mico Biomed melalui PT. Langit Pandu Anugrah. Bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin Makassar.

"Alat PCR yang diterima ini hasilnya dapat keluar dalam 1 jam, dengan akurasi sampai 95%. Ini tentu sangat membantu Pemerintah Kabupaten Gowa dalam rangka membantu testing dan tracing Covid-19," kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Kamis 4 November 2021.

Ia mengungkapkan bahwa ini adalah langkah bersama dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Meskipun saat ini situasinya sudah sangat melandai, namun kita tidak boleh berpuas diri. Kita tetap harus waspada agar tidak terjadi gelombang ketiga seperti yang dirasakan oleh beberapa negara," katanya.

Baca Juga: Pukul Pasangan Suami Istri, Mantan Sekretaris Satpol PP Gowa Dituntut 6 Bulan Penjara

Ia juga mengatakan bahwa penyerahan alat PCR dari Mico Biomed ini sangatlah membantu Pemkab Gowa. Karena tidak perlu lagi mengirimkan sampel ke BBLK, tetapi dapat langsung diproses dan didapatkan hasilnya melalui alat ini.

Penyerahan hibah dilakukan Direktur Operasional PT. Langit Pandu Anugerah selaku perusahaan prinsipel Mico Biomed di Indonesia Agus C. Wirawan kepada Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu untuk selanjutnya diserahkan secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Gowa.

Agus mengatakan, hibah ini merupakan salah satu wujud dari komitmen Mico Biomed untuk membantu menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Sejak awal pandemi kami berkomitmen menyiapkan mesin PCR untuk membantu penanganan covid-19 di Indonesia, boleh dipakai di mana saja, asalkan bisa membuat manfaat bagi masyarakat,” kata Agus.

Mesin PCR tersebut dinilai cocok digunakan di Indonesia yang membutuhkan kecepatan distribusi maupun pemeriksaan. Memiliki ukuran yang relatif kecil, mesin ini telah disebar ke sejumlah daerah di Indonesia.

Baca Juga: Kaji Aturan Perseorangan di Pilkada, Bupati Adnan Raih Gelar Doktor dengan IPK 4,00

“Untuk riset, ini sangat cocok. Alatnya tidak terlalu besar dan hasilnya bisa cepat kita dapatkan. Tapi untuk saat ini kita maksimalkan untuk testing dan tracing Covid-19 dulu,” kata Agus.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait