alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Keunikan 6 Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Bangun Santoso Rabu, 13 Oktober 2021 | 08:50 WIB

Keunikan 6 Pakaian Adat Sulawesi Selatan
Guru dan staf MAN 1 Plus Keterampilan Kota Parepare memakai baju bodo dari bahan kantong plastik / [Kementerian Agama Sulsel]

Sulawesi Selatan identik dengan warna-warna terang yang sarat akan makna

SuaraSulsel.id - Keunikan pakaian adat Sulawesi Selatan. Pakaian adat, salah satu keragaman budaya nusantara yang harus kita kenal dan jaga. Sulawesi Selatan identik dengan warna-warna terang yang sarat akan makna.

Baju bodo salah satu pakaian adat Sulawesi Selatan yang familiar dimasyarakat luas. Tak hanya baju bodo saja pakaian adat Sulawesi Selatan ini. Masih ada baju adat lainnya yang perlu kalian ketahui.

Suku di Sulawesi Selatan mencakup Suku Makassar, Suku Mandar, Suku Toraja, dan beberapa suku lainnya. Setiap suku mempunyai baju adat masing-masing.

Berikut baju adat yang ada di Sulawesi Selatan:

Baca Juga: 10 Alat Musik Sulawesi Selatan: Gendang Bulo, Jalappa, Hingga Suling Lembang

1. Baju Bodo

Baju bodo merupakan baju adat Makassar Bugis. Di Makassar pakaian ini disebut baju bodo sedangkan di Bugis waju ponco. Menurut bahasa Makassar baju bodo artinya baju pendek.

Pakaian adat ini dibedakan menjadi 2 menurut ukuran panjangnya. Panjang baju sampai pinggang digunakan oleh penari, gadis muda, dan pengantin. Sedangkan panjang baju sampai bawah betis digunakan oleh orang dewasa.

Warna terang yang digunakan dalam baju bodo ini menunjukan usia pemakainya, semakin terang warna artinya pemakai baju masih berusia muda. Namun, saat ini penggunaan baju bodo sesuai warna mulai pudar.

Masyarakat lebih suka memilih sesuai selera, apalagi banyak munculnya model baju bodo modern.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Sulawesi Selatan Wajib Dicoba

Pakaian adat ini digunakan bersama sarung tradisional yang disebut lipa dengan motif kotak-kotak. Tak lupa aksesoris penunjang seperti kalung, hiasan kepala, gelang dan lainnya digunakan untuk menunjang penampilan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait