alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Pilu Rahmat Erwin Abdullah, Atlet Angkat Besi Peraih Perunggu Olimpiade Tokyo

Muhammad Yunus Kamis, 29 Juli 2021 | 13:27 WIB

Kisah Pilu Rahmat Erwin Abdullah, Atlet Angkat Besi Peraih Perunggu Olimpiade Tokyo
Rahmat Erwin Abdullah raih perunggu. (Reuters / Edgard Garrido)

Rahmat Erwin Abdullah sukses menyumbang medali perunggu untuk Indonesia

SuaraSulsel.id - Rahmat Erwin Abdullah sukses menyumbang medali perunggu untuk Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2021. Lifter asal Sulawesi Selatan itu tampil mengejutkan Tokyo International Forum, Rabu, 28 Juli 2021.

Awalnya, Rahmat diketahui meraih tiket ke olimpiade dengan jalur kontinental atau benua. Ami Budiono, ibunda Rahmat mengaku perjuangan anaknya melaju ke olimpiade Tokyo 2021 tidak mudah.

Apalagi usia Rahmat yang masih muda. Setidaknya ada beberapa pertandingan yang harus ditaklukkan sejak tahun 2019 untuk merebut tiket olimpiade.

Diantaranya mengikuti Asian Junior Championship di Tashkent pada tahun 2019. Rahmat yang saat itu baru berusia 18 tahun berhasil menggondol medali emas.

Baca Juga: Lagi-lagi Dari Cabang Angkat Besi, Erwin Sumbangkan Medali Perunggu

"Rahmat berhasil meraih medali emas sekaligus pecah rekor," ujar Ami, Kamis, 29 Juli 2021.

Tahun 2020, ia kembali berlaga di Asian Championship untuk kelas senior. Namun saat itu hanya mampu meraih medali perunggu.

Rahmat kemudian mendapat kesempatan kembali oleh IWF untuk menaikkan peringkatnya di World Junior Championship tahun 2020. Hasilnya tidak sia-sia. Rahmat bisa berada di posisi kedua dan membawa perak.

Rahmat juga tercatat sebagai peraih empat medali emas di Aea Games. Hal tersebut mencatatkan Rahmat menempati peringkat ke 22 dunia di IWF.

Ami yang juga manajer Rahmat mengaku sebenarnya tak memberikan target tinggi untuk putranya di olimpiade. Tak perlu medali, cukup masuk delapan besar.

Baca Juga: Merah Putih Berkibar Lagi di Olimpiade Tokyo, Indonesia Tambah Perunggu dari Angkat Besi

"Namun dia anaknya gigih. Dia bisa mengangkat di atas kemampuan terbaiknya," ujarnya kagum.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait