alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diungkap Peneliti, Gejala Long Covid-19 Ini Perlu Diketahui

Muhammad Yunus Selasa, 20 Juli 2021 | 15:45 WIB

Diungkap Peneliti, Gejala Long Covid-19 Ini Perlu Diketahui
Ilustrasi gejala-gelaja long covid-19 (Suara.com/Michelle Illona)

Long Covid-19 adalah gejala Covid-19 berkepanjangan

SuaraSulsel.id - Gejala pertama Anda terinfeksi virus corona Covid-19 bisa mengindikasikan Anda akan mengalami Long Covid-19 atau tidak.

Indikasi ini merupakan cara lain untuk mendeteksi pasien Covid-19 mana yang paling berisiko alami Long Covid-19.

Long Covid-19 adalah gejala Covid-19 berkepanjangan sejak seseorang pertama kali terinfeksi. Gejala pertama seseorang ketika terinfeksi virus corona pun bisa mengindikasikan risiko Long Covid-19 pada pasien.

Ilmuwan yang dipimpin oleh University of Birmingham mengkaji data dari berbagai penelitian tentang Long Covid-19.

Baca Juga: Seperempat Pasien di Swiss Masih Alami Gejala Virus Corona Hingga 6 Bulan

Mengutip himedik.com, para ahli mengatakan bahwa orang dengan 5 gejala virus corona atau lebih pada minggu pertama infeksi lebih mungkin mengalami Long Covid-19, terlepas dari usia dan jenis kelaminnya.

Adapun gejala virus corona Covid-19 yang paling umum berupa demam, menggigil, batuk terus-menerus, sakit kepala, kelelahan, sakit tenggorokan, sesak napas, nyeri dada, nyeri otot, sakit perut, bersin hingga ruam kulit.

Gejala paling umum yang mengindikasikan Long Covid-19 tidak terlihat dalam analisis ini. Tapi, satu penelitian menemukan sesak napas dan nyeri dada ketika pertama kali terinfeksi mengindikasikan Long Covid-19.

Orang tua, perempuan, pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit atau memiliki komorbiditas, terutama asma juga berisiko tinggi mengalami Long Covid-19.

Banyak tim peneliti mengatakan pasien yang mengalami lima gejala virus corona atau lebih selama terinfeksi paling berisiko mengalami Long Covid-19.

Baca Juga: Catat! Ini Faktor Pemicu Wanita Lebih Berisiko Alami Long Covid-19

Karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keparahan gejala infeksi virus corona Covid-19 merupakan indikator awal pasien akan mengalami Long Covid-19 atau tidak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait