alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

CEK FAKTA : Benarkah Puluhan Ribu TKA China Demo di Perusahaan Tambang Morowali ?

Muhammad Yunus Sabtu, 10 Juli 2021 | 08:51 WIB

CEK FAKTA : Benarkah Puluhan Ribu TKA China Demo di Perusahaan Tambang Morowali ?
Unjuk rasa ribuan tenaga kerja di perusahaan tambang Konawe, Sulawesi Tenggara, Tahun 2019 [SuaraSulsel.id / Istimewa]

Beredar video dengan narasi puluhan ribu Tenaga Kerja Asing asal China demo

SuaraSulsel.id - Video dengan narasi puluhan ribu Tenaga Kerja Asing atau TKA asal China berunjuk rasa di Morowali Utara,  beredar di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh pengguna TikTok Emn68. Terlihat pada Jumat 9 Juli 2021.

Mengutip terkini.id -- jaringan Suara.com, video tersebut adalah video lama yang disebarkan kembali. Pembuat dan penyebar video itu pun sudah ditangkap kepolisian pada tahun 2019.

Dalam unggahan video disebutkan lokasi demo besar-besaran terjadi di kawasan Bungku, Morowali Utara.

Baca Juga: Rocky Gerung Soal TKA China ke Indonesia: Kenapa TKA China Kerja, Publik Nggak Boleh?

“Ribuan orang China bikin ulah dan demo di Morowali Utara bagian Bungku Tambang Nikel Bahodopi, Sulawesi Tengah. Kalau sudah begini mau bagaimana,” kata yang tertulis dalam video.

Dalam video terlihat ribuan orang keluar dari sebuah pabrik. Sementara di sekitar mereka, terlihat kendaraan Water Cannon dan mobil patroli aparat kepolisian tengah siaga.

Dalam video itu juga terdengar suara seorang pria yang menyebut puluhan ribu TKA China di perusahaan Morowali itu sedang berbuat ulah dengan melakukan aksi demo.

“Puluhan ribu TKA China di Morowali buat ulah. Ratusan ribu bahkan. Mana tidak ada pekerja China? Ini ada nih. China-nya banyak banget, membludak di perusahaan Morowali. Membahayakan, Subhanallah,” ujar pria itu.

Ia pun mengaku heran, mengapa pemerintah masih menutup mata dengan keberadaan para TKA China tersebut dan bukannya mengusir mereka.

Baca Juga: Fadli Zon Semprot Luhut Soal TKA China Masuk Indonesia: Ini Contoh Arogansi Kekuasaan

“Udah banyak begini masih tutup mata pemerintah, bukannya diusir. Ngeri ini, mereka mulai demo. Mulai keluar dari sarang. Gimana kalau mereka ribut, hancur sudah Morowali,” tuturnya.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait