alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Theofilus Allorerung, Bupati Tana Toraja Dua Periode yang Tidak Punya Rumah

Muhammad Yunus Kamis, 25 Februari 2021 | 18:23 WIB

Theofilus Allorerung, Bupati Tana Toraja Dua Periode yang Tidak Punya Rumah
Theofilus Allorerung, Bupati Tana Toraja / [Upi Show]

Theofilus Allorerung, Bupati Tana Toraja terpilih akan dilantik besok untuk periode kedua

SuaraSulsel.id - Theofilus Allorerung, Bupati Tana Toraja terpilih akan dilantik besok, Jumat 26 Februari 2021. Pelantikan akan dilakukan di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan di Kota Makassar.

Pria 63 tahun itu pernah menjabat sebagai Kepala Inspektorat di Pemprov Sulsel pada tahun 2009. Ia adalah pamong senior.

Pada tahun 2010, Theofilus kemudian memilih mengabdi di kampung halamannya. Maju menjadi Calon Bupati Tana Toraja berpasangan dengan Adelheid Sosang sebagai wakil.

Ia kemudian terpilih dan menjabat sebagai Bupati Tana Toraja pada periode 2010-2015. Saat itu, kemenangannya diwarnai dengan kericuhan. Satu orang warga bahkan dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga: Profil Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan

Ia kemudian mencoba keberuntungannya untuk periode kedua pada Pilkada 2015 lalu, berpasangan dengan Yohanis Lintin Paembongan. Saat itu, ia diusung Golkar dan PDIP. Namun Theofilus kalah.

Zadrak Tombeg, yang saat ini menjadi wakilnya bahkan pernah menjadi rivalnya pada Pilkada kala itu. Keduanya kalah dari pasangan Nicodemus Biringkanae - Victor Datuan Batara.

Tak puas dengan kekalahan, Theofilus kemudian menggandeng lawan politiknya pada Pilkada 2015, menjadi pasangan di Pilkada 2020, Zadrak Tombeg.

Ia kembali maju setelah sebelumnya menelan kekalahan.

Nasib baik kemudian menghampiri keduanya pada Pilkada serentak bulan Desember lalu. Keduanya dinyatakan menang setelah berhasil menumbangkan petahana Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara dan pasangan Albertus Patarru - Jhon Diplomasi.

Baca Juga: Profil Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni

22 Januari lalu, kemenangannya ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum. Kini, Theo-Zadrak akan kembali mengabdi untuk Tana Toraja mulai Jumat besok.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait