alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

ASN Gowa Dihukum 1 Bulan Penjara, Terbukti Melanggar Netralitas di Pilkada

Muhammad Yunus Sabtu, 19 Desember 2020 | 13:41 WIB

ASN Gowa Dihukum 1 Bulan Penjara, Terbukti Melanggar Netralitas di Pilkada
Pengadilan Negeri Sungguminasa, Gowa, menjatuhkan hukuman 1 bulan penjara kepada RN karena terbukti melanggar netralitas ASN saat Pilkada Gowa / [Foto: Istimewa]

Sentra Gakkumdu menerima putusan Pengadilan Negeri Sungguminasa untuk terdakwa

SuaraSulsel.id - Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Gowa telah telah memproses kasus seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) atas kasus tindak pidana pada Pilkada Gowa belum lama ini, hingga divonis satu bulan penjara oleh pengadilan Negeri Sungguminasa.

Terdakwa inisial RN terbukti dengan sengaja melakukan tindakan menguntungkan salah satu pasangan Calon Bupati, selama masa kampanye pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 di Kabupaten Gowa.

Komisioner Bawaslu Gowa sekaligus Koordinator Gakkumdu, Yusnaeni menyampaikan, Sentra Gakkumdu menerima putusan Pengadilan Negeri Sungguminasa untuk terdakwa.

Dalam putusan tersebut, ASN pelaku tindak pidana pemilihan, RN, dijatuhi hukuman pidana 1 bulan penjara dengan masa percobaan dua bulan.

Baca Juga: Cegah Banjir, TNI Kerja Bakti Bersihkan Enceng Gondok di Sungai Jeneberang

"Setelah dilakukan pembahasan ke IV Bawaslu bersama jaksa dan kepolisian yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu maka disepakati untuk menerima putusan tersebut dan tidak diajukan banding, sisa menunggu eksekusi putusan oleh Kejaksaan," kata Yusnaeni dalam keterangannya, dikutip dari KabarMakassar.com -- jaringan Suara.com Jumat (18/12/2020).

Yusnaeni juga berharap kasus ini bisa menjadi pembelajaran bagi ASN untuk tetap netral dalam perhelatan Pilkada.

"Dan terkait putusan ini seharusnya menjadi pembelajaran kepada setiap ASN agar netral dalam perhelatan pilkada, agar tidak ada lagi yang terjerat," tutupnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait