facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Dinas Kesehatan Kota Ambon Antisipasi Penularan Cacar Monyet

Muhammad Yunus Selasa, 07 Juni 2022 | 17:02 WIB

Cara Dinas Kesehatan Kota Ambon Antisipasi Penularan Cacar Monyet
perbedaan gejala cacar monyet dan cacar air (freepik)

Dinas Kesehatan Kota Ambon, Maluku, mengantisipasi penularan cacar monyet

SuaraSulsel.id - Dinas Kesehatan Kota Ambon, Maluku, mengantisipasi penularan cacar monyet (monkeypox) kepada masyarakat dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Sampai saat ini belum ditemukan kasus penyakit cacar monyet, tetapi kita tetap waspada sedini mungkin, " kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, di Ambon, Selasa 7 Juni 2022.

Ia menyatakan, penyakit yang sedang ramai dibicarakan ini disebabkan oleh virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili Poxviridae yang bersifat highly pathogenic.

Upaya preventif pencegahan, dilakukan melalui sosialisasi PHBS. Karena untuk penanganan dan lainnya masih menyesuaikan pedoman yang disampaikan Kemenkes.

Baca Juga: CDC: Cacar Monyet Paling Banyak Terjadi Pada Gay dan Biseksual

"Virus cacar monyet terkait kebersihan dan daya tahan tubuh, kalau daya tahan tubuh lemah pasti mudah terjangkit, karena itu kita anjurkan masyarakat untuk lebih meningkatkan kebersihan," katanya.

Ia mengakui, jika ditemukan ciri-ciri gejala penularan seperti mengalami demam tinggi, nyeri otot, nyeri kepala, dan muncul pembengkakan kelenjar getah bening di beberapa area tubuh, segera ke fasilitas kesehatan.

"Tanda lainnya yakni muncul bintik-bintik atau cacar air di bagian tubuh. Bila interaksi secara langsung dengan cara bersalaman atau bersentuhan dengan orang yang terpapar penyakit itu, maka akan terjadi penularan, karena itu harus dilakukan antisipasi," katanya.

Masyarakat katanya, harus tetap waspada, jika misalnya ditemukan tanda dan gejala seperti yg ada secepatnya ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Kita tetap waspada dengan kondisi yang ada, jika gejala dan tanda yang mirip secepatnya dilaporkan ke fasilitas kesehatan terdekat, " ujarnya. (Antara)

Baca Juga: Gejala Cacar Monyet Mirip Herpes Zoster, Begini Cara Membedakannya!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait