facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pertimbangan Presiden Jokowi Pilih Kepala Otorita IKN: Pengalaman Membangun Fisik Skala Besar

Muhammad Yunus Selasa, 08 Maret 2022 | 11:15 WIB

Pertimbangan Presiden Jokowi Pilih Kepala Otorita IKN: Pengalaman Membangun Fisik Skala Besar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat hendak berangkat ke Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (8/3/2022). Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Pemerintah memastikan Otorita Ibu Kota Nusantara bisa langsung beroperasi

SuaraSulsel.id - Pemerintah memastikan Otorita Ibu Kota Nusantara atau IKN bisa langsung beroperasi. Setelah aturan turunan UU IKN terbit. Terutama Perpres tentang Otorita IKN dan Keppres tentang pengangkatan Kepala Otorita IKN.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong mengatakan ini sangat mungkin terlaksana.

"Ini sangat dimungkinkan sekali. Karena pada fase awal pembangunan IKN, kementerian yang relevan dengan pembangunan infrastruktur yakni KemenPUPR akan membantu pembangunan fisik IKN di bawah koordinasi Kepala Otorita IKN," jelas Wandy di gedung Bina Graha Jakarta, Selasa 8 Maret 2022.

Untuk itu, kata Wandy, Kepala Otorita IKN harus memiliki pengalaman membangun dan mewujudkan pembangunan fisik dalam skala besar. Pada organisasi pemerintahan atau swasta.

Baca Juga: Kepala Otoritas Ibu Kota Baru Segera Diumumkan Presiden Jokowi Pekan Ini

Selain itu, tambah dia, Kepala Otorita IKN juga harus mampu mengkoordinasikan berbagai pemangku kepentingan dalam pembangunan dan pemindahan IKN.

Mulai dari berbagai kementerian/lembaga yang terlibat dalam fase awal pembangunan IKN, hingga pemerintahan daerah di sekitar lokasi IKN.

"Karena pembangunan IKN tak bisa dipisahkan dari wilayah sekitarnya. Dalam sebuah rancangan tata ruang yang terintegrasi," terang Wandy.

Tak cukup sampai di situ. Menurut Wandy, kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak termasuk masyarakat setempat dan para ahli, juga menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo dalam memilih calon Kepala Otorita IKN.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Dukung Presiden Taati Konstitusi, Mantan Menag: Agar Mengakhiri Masa Baktinya Secara Husnul Khatimah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait