facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Libatkan Tim Labfor Makassar, Hasil Uji Balistik 20 Senjata Api Polda Sulawesi Tengah Keluar 4 Hari

Muhammad Yunus Kamis, 17 Februari 2022 | 16:34 WIB

Libatkan Tim Labfor Makassar, Hasil Uji Balistik 20 Senjata Api Polda Sulawesi Tengah Keluar 4 Hari
Peluru tajam yang mengenai tubuh pengunjuk rasa penolak tambang emas di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah [SuaraSulsel.id/Istimewa]

Uji balistik 20 senjata api yang dibawa anggota kepolisian

SuaraSulsel.id - Polda Sulawesi Tengah mengatakan hasil uji balistik 20 senjata api yang dibawa anggota kepolisian. Saat pengamanan demonstrasi di Desa Siney, Kabupaten Parigi Moutong, keluar dalam waktu empat hari.

Menurut Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah Kombes Pol Didik Supranoto, saat ini senjata api dan 60 proyektil yang diambil sudah berada di Laboratorium Forensik.

"Sementara ini masih di Labfor. Perkiraan hasilnya keluar tiga sampai empat hari," katanya, di Palu, Kamis 17 Februari 2022.

Hasil uji balistik akan dicocokkan dengan proyektil yang ditemukan di TKP. Selanjutnya akan ditentukan pelaku yang terlibat dalam penembakan seorang warga Desa Tada dalam unjuk rasa menolak tambang di Parigi Moutong.

Baca Juga: Diduga Kuat Pelaku Penembak Warga Tolak Tambang Emas di Sulteng Polisi, Pengamat Hukum: Hukuman Pidananya Harus Tegak

Sebelumnya, Propam Polda Sulteng telah memeriksa 17 anggota polisi. Untuk dimintai keterangan terkait insiden tersebut.

Dari kasus tersebut sudah dikeluarkan LP penembakan dan telah ditingkatkan ke tingkat penyidikan. Karena hal itu merupakan tindakan pidana.

“Tetapi tersangka masih dalam proses pencarian atau penyidikan dan menunggu hasil uji balistik dan apabila sudah keluar hasil akan disampaikan lebih lanjut,” kata Didik Supranoto.

Kepolisian telah membentuk tim terdiri atas Propam, Irwasda, Kriminal Umum, dan Tim Labfor dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Namun, secara umum sebenarnya tindakan pengamanan dan pembubaran demonstrasi tambang sudah sesuai SOP.

Baca Juga: Kekerasan di Wadas dan Penembakan di Parigi Moutong, Pengamat: Jika Terus Ada, Terkesan Seperti Jokowi Lepas Tangan

"Situasi dan kondisi di lokasi saat ini sudah sangat aman. Warga sudah beraktivitas seperti biasa," terangnya. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait