facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron: Jurnalis Harus Jaga Integritas

Muhammad Yunus Kamis, 10 Februari 2022 | 06:30 WIB

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron: Jurnalis Harus Jaga Integritas
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Nurul Ghufron menjadi narasumber diskusi bersama Media Center Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2022 di Hotel Ayola Lippo Cikarang, Rabu (9/2). [Suara.com/Antara]

Integritas media sebagai wujud refleksi demokrasi yang sehat

SuaraSulsel.id - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengingatkan insan jurnalis di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, untuk menjaga integritas media sebagai wujud refleksi demokrasi yang sehat.

Imbauan tersebut disampaikan Ghufron saat menghadiri acara diskusi bersama para jurnalis Media Center Kabupaten Bekasi dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Hotel Ayola Lippo Cikarang, Rabu 9 Februari 2022.

Ghufron menjelaskan saat kasus korupsi di sebuah negara masih banyak, maka bisa dikatakan demokrasi di negara tersebut tidak sehat, namun jika medianya berintegritas maka akan tercipta kehidupan demokrasi yang sehat.

Ia mengingatkan agar insan pers bisa terus menjaga integritas untuk menjadi pengawas atas segala bentuk kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah.

Baca Juga: KPK Telisik Dugaan Pemotongan Uang ASN dan Proses Ganti Rugi Lahan Grand Kota Bintang di Kasus Rahmat Effendi

"KPK peduli terhadap kesehatan dan integritas teman-teman pers. Oleh sebab itu kami berharap teman-teman pers bisa merevitalisasi diri untuk meningkatkan perannya," katanya.

Dosen Fisipol Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi Hamluddin yang juga narasumber diskusi mengatakan bahwa pers merupakan salah satu pilar demokrasi di Indonesia untuk menjaga tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam pemantauan praktik tindak pidana korupsi.

"Kita harus ingat bahwa pers jadi salah satu pilar demokrasi untuk memantau kinerja eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Kontrol ini yang harus selalu ditekankan saat teman-teman menulis sebuah berita," kata Hamluddin.

Acara diskusi bersama para jurnalis Media Center Kabupaten Bekasi dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2022 diikuti beberapa perwakilan media dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. (Antara)

Baca Juga: Dugaan 'Bisnis' Pemotongan Uang PNS Pemkot Bekasi Menguat, KPK Gerak Cepat

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait