facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

9 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Mudah Ditemui

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 17 Desember 2021 | 10:05 WIB

9 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Mudah Ditemui
Sakit tenggorokan (Element Envato)

Meski bukan masalah berat, sakit tenggorokan bisa mengganggu aktivitas jika berlarut.

SuaraSulsel.id - Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami banyak orang adalah sakit tenggorokan. Biasanya hal ini disebabkan adanya peradangan pada tenggorokan. Untuk menyembuhkannya, apa saja obat sakit tenggorokan?

Meski bukan masalah berat, sakit tenggorokan bisa mengganggu aktivitas jika berlarut. Saat ini banyak obat di apotek yang dapat dibeli untuk meredakan nyeri tenggorokan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut obat sakit tenggorokan alami:

1. Air Garam

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Medan, Kepling: Dia Jualan Madu!

American Academy of Otolaryngology menyebutkan perawatan sakit tenggorokan dengan obat alami dapat meringankan gejala sekaligus mempercepat pemulihannya. Salah satu pengobatan alami yang bisa dicoba adalah berkumur dengan air garam hangat. Hal ini terbukti ampuh meredakan nyeri dan panas dari sakit tenggorokan.

Berkumur air garam beberapa kali sehari juga dapat meredakan bengkak, mencairkan dahak menggumpal, serta membasmi bakteri di tenggorokan. Campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat dan berkumurlah setiap tenggorokan terasa tidak nyaman. Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami ini sebaiknya rutin dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Air Putih

Minum air putih minimal delapan gelas sehari dapat mengurangi sakit tenggorokan. Ketika Anda kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Anda harus memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi agar kondisi tenggorokan tetap terhidrasi. Selain air putih, kebutuhan cairan tubuh juga bisa didapatkan dari konsumsi sup kaldu, jus buah, atau teh.

3. Madu

Baca Juga: Persiba Balikpapan vs Sriwijaya FC, Fakhri Husaini: Kami Kalah dengan Cukup Terhormat

Sejumlah penelitian menyebut konsumsi madu saat sakit tenggorokan bisa meredakan gejala lebih cepat tanpa menyebabkan efek samping. Hal ini karena madu punya sifat antibakteri yang membantu mengurangi radang. Cukup campurkan 2 sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh dan minumlah sesuai kebutuhan. Namun jangan lupa, ramuan alami ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia setahun.

4. Lemon

Lemon yang memiliki kandungan vitamin C tinggi ampuh meredakan sakit tenggorokan. Selain itu lemon punya kandungan astringen yang mampu meredakan pembengkakan pada tenggorokan. Astringen juga menciptakan lingkungan asam untuk mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi. Lemon dapat diolah bersama madu untuk menghasilkan ramuan sehat dan manjur untuk obat radang tenggorokan. Cukup campurkan 2 sendok madu dan perasan lemon secukupnya ke dalam secangkir air hangat atau teh.

5. Cuka Apel

Cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam lalu dilarutkan dalam segelas air hangat dapat menjari ramuan mujarab. Radang tenggorokan akibat batuk hebat pun dapat teratasi dengan cara alami ini. Jika diperlukan, gunakan campuran tersebut sebagai obat kumur untuk mengatasi radang yang menyebabkan sakit di tenggorokan.

Ramuan obat alami untuk radang tenggorokan dari cuka apel juga bisa dibuat dengan mencampurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu. Kumur-kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam. Cuka apel bersifat asam sehingga menghambat virus dan bakteri memperbanyak diri.

6. Kunyit

Kunyit adalah empon-empon yang sangat mujarab untuk melawan virus dan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Ini karena kunyit punya antioksidan sehingga dapat memerangi radang serius. Campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami ini dapat bekerja lebih optimal. Selain sebagai obat kumur untuk radang tenggorokan, kunyit dapat ditambahkan pada secangkir teh yang dicampur pada madu dan lemon.

7. Bubuk Cabai

Cabai memiliki kandungan capsaicin yang bersifat pereda nyeri. Anda bisa memanfaatkan kandungan ini sebagai obat sakit tenggorokan dengan berkumur menggunakan 1 gelas air hangat yang dicampur dengan madu dan sedikit taburan cabai.

8. Kayu Manis

Kayu manis memang serbaguna. Tak hanya dipakai sebagai bumbu masakan atau bahan kue, kayu manis dapat menjadi penawar sakut tenggorokan. Ini karena kayu manis punya sifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme jahat lain. Cukup tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Setelah itu, campurkan dua sendok teh madu. Anda bisa minum ramuan alami ini 2-3 kali sehari selama sepekan.

9. Teh Herbal

Anda suka minum teh? Kalau begitu cara ini cocok jika Anda sedang mengalami sakit tenggorokan. Pilih teh herbal yang kaya antioksidan karena dapat membantu melawan infeksi bakteri dan virus. Teh hangat yang rutin dikonsumsi juga dapat membantu mengencerkan lendir di tenggorokan. Teh jahe bisa jadi alternatif teh herbal untuk mengobati radang tenggorokan. Sensasi manis pedasnya dapat membikin tenggorkan nyaman serta menghangatkan tubuh.

Itulah beberapa obat sakit tenggorokan alami yang bisa kalian bikin sendiri. Jika kondisi tak segera membaik, belilah obat-obatan yang dapat diperoleh di apotek atau periksakan diri ke dokter ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Alan Aliarcham

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait